Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kecelakaan Maut Kereta Api di Turki, Erdogan Jamin Pemeintah Serius Menangani

Senin, 09 Juli 2018 12:26:04 WIB
Reporter : Prasetyo Puji S
Kecelakaan Maut Kereta Api di Turki, Erdogan Jamin Pemeintah Serius Menangani

Istanbul (beritajatim.com) - Sepuluh orang tewas dan lebih dari 70 cedera dalam kecelakaan kereta api di distrik Corlu di Tekirdag, Turki, Minggu 8 Juli 2018. Erdogan menganyatakan belasungkawa dan menjamin seluruh lembaga negara dikerahkan untuk menangani peristiwa yang menelan banyak korban itu.

“Ketika sebuah kereta yang penuh dengan penumpang, akhir pekan tergelincir di Turki barat laut,” kata kementerian kesehatan, Senin (9/7/2018).

Kereta dengan lebih dari 360 orang di dalamnya, bepergian dari wilayah Edirne di perbatasan Yunani dan Bulgaria ke stasiun Halkali di Istanbul ketika enam gerbongnya tergelincir di wilayah Tekirdag.

"Temuan awal, 10 orang kehilangan nyawa dan 73 orang terluka," kata Wakil Menteri Kesehatan Gumus kepada agensi berita Anadolu. Dia juga mengatakan kepada media lokal, lebih dari 100 ambulans telah dikirim ke tempat kejadian.

Militer Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah mengirim helikopter ke tempat kejadian, sementara kota Istanbul di Twitter mengatakan 24 pekerja penyelamat dan enam kendaraan penyelamat sedang dalam perjalanan untuk memberikan bantuan.

Foto-foto yang beredar menunjukkan, penumpang tergencet gerbong kereta. Termasuk pula foto-foto regu penyelamat mencari korban di antara reruntuhan gerbong.

"Kecelakaan itu terjadi karena kondisi cuaca buruk," kata Gubernur Tekirdag Mehmet Ceylan kepada saluran NTV. Laporan mengatakan daerah sekitarnya berlumpur karena hujan baru-baru ini.

Kementerian transportasi dalam sebuah pernyataan mengatakan, hujan deras, tanah di bawah rel mereda, menyebabkan kereta api itu tergelincir.

Sementara itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan belasungkawa terhadap meninggal dan terlukanya korban. Erdogan menjamin, semua lembaga negara akan dikerahkan untuk membantu menangani peristiwa tersebut.

Sekadar diketahui, Otoritas Turki di bawah pemerintahan Erdogan selama bertahun-tahun terakhir berusaha memodernisasi jaringan kereta api. Salah satunya dengan membangun beberapa jalur antarkota berkecepatan tinggi. Penumpang Turki umumnya yang sebelumnya lebih suka mengambil pesawat atau bus untuk perjalanan antar kota, kini berubah dengan jalur kecepatan tinggi baru.

Namun begitu, jaringan kereta api Turki telah dilanda beberapa kecelakaan fatal selama beberapa tahun terakhir. Pada bulan Januari 2008, sembilan orang tewas ketika kereta api bergelimpangan di wilayah Kutahya di selatan Istanbul karena rel yang rusak. [pra/but]

Tag : turki

Komentar

?>