Kamis, 21 Juni 2018

KTT Trump-Kim Kemungkinan Tetap 12 Juni

Minggu, 27 Mei 2018 16:15:13 WIB
Reporter : -
KTT Trump-Kim Kemungkinan Tetap 12 Juni

Jakarta (beritajatim.com) - Perkembangan terbaru denyut politik tiga negara (Amerika Serikat, Korea Utara, dan Korea Selatan) kembali menunjukkan arah positif, setelah sebelumnya banyak yang kecewa saat Presiden AS Donald Trump membatalkan rencana pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura 12 Juni 2018.

Ada dua perkembangan yang cukup menggembirakan perihal rencana pertemuan puncak Trump-Kim. Pertama, Kim tetap menginginkan pertemuannya dengan Trump di Singapura tanggal 12 Juni. Kedua, hari Sabtu (26/5) waktu setempat AS mengirim tim yang terdiri dari sejumlah pejabat untuk berangkat ke Singapura guna mempersiapkan kemungkinan digelarnya pertemuan puncak tersebut. Di hari yang sama Trump mengatakan bahwa rencana pertemuan itu "belum berubah" dan dirinya masih berharap pertemuan masih bisa digelar.

Hari Sabtu kemarin Kim Jong-un melakukan pertemuan mendadak dengan Presiden Korea Selatan di zona demiliterisasi di perbatasan kedua negara. Dalam pertemuan itu, menurut juru bicara Presiden Moon, terjadi dialog terbuka antara kedua pemimpin yang berlangsung sekitar dua jam.

Pertemuan kedua yang digelar di zona demiliterisasi di perbatasan kedua negara ini, sepertinya, sebagai upaya agar rencana pertemuan puncak pemimpin AS-Korea Utara itu berada di jalurnya kembali.

"Mereka menyatakan akan sering bertemu untuk membuka dialog terkait upaya bersama bagi upaya penghapusan program nuklir di semenanjung Korea," tulis kantor berita Korea Utara, KCNA seperti dikutip dari BBC, Minggu (27/5/2018).

Dikatakan, Kim Jong-un telah berterima kasih kepada Moon Jae-in karena "telah banyak berusaha" untuk mengatur pertemuan puncak Korut-AS di Singapura dan "menyatakan keinginan tetapnya" bahwa pertemuan itu akan terjadi.

Kim dan Moon dilaporkan juga bersepakat untuk menggelar pertemuan tingkat tinggi lebih lanjut pada Jumat, tetapi tidak dijelaskan rinciannya. [inilah.com]

Tag : donald trump

Komentar

?>