Rabu, 23 Mei 2018

75 Warga Sipil Tewas Atas Serangan di Ghouta Timur

Jum'at, 09 Februari 2018 10:51:58 WIB
Reporter : -
75 Warga Sipil Tewas Atas Serangan di Ghouta Timur

Damaskus - Setidaknya 75 warga sipil dilaporkan tewas akibat serangan-serangan udara rezim Presiden Bashar al-Assad di wilayah Ghouta Timur, Suriah yang dikuasai pemberontak. Serangan-serangan itu dilancarkan di sejumlah kawasan permukiman pada Kamis (8/2) waktu setempat.

Menurut sumber-sumber dari kelompok Pertahanan Sipil Suriah atau yang juga dikenal sebagai White Helmets, seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (9/2/2018), serangan udara yang dilancarkan di kawasan-kawasan permukiman tersebut menewaskan 27 orang di Arbin, 17 orang di Jisrin, 2 orang di Zamalka, 3 orang di Sabka, 3 orang di Misraba, 7 orang di Hamuriya, 1 orang di Bayt Sava dan 1 orang di kawasan Madyara.

Delapan warga sipil juga tewas akibat serangan udara di Duma, juga empat orang di Hazzah dan dua warga sipil lainnya di Harasta.

Para relawan White Helmets telah terjun ke lokasi serangan-serangan untuk melakukan upaya pencarian dan penyelamatan korban.

Ghouta Timur yang dekat dengan Damaskus, telah dikepung pasukan Suriah selama lebih dari empat tahun. Kemudian pada Mei 2017 lalu ketika pasukan pemerintah melancarkan operasi militer berskala besar.

Serangan-serangan udara di wilayah Ghouta Timur meningkat dalam beberapa hari ini, setelah sebuah pesawat perang Rusia ditembak jatuh pada akhir pekan lalu di provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak.

Menurut kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, lebih dari 200 warga sipil telah tewas sejak Senin (5/2) lalu dalam serangan-serangan udara rezim Suriah di Ghouta Timur. Di antara korban tewas tersebut termasuk setidaknya 54 anak-anak dan 41 wanita. Disebutkan Observatory, lebih dari 700 warga sipil juga terluka dalam serangan-serangan udara tersebut. [kun]

Tag : suriah isis

Komentar

?>