Selasa, 16 Oktober 2018

Bocah 8 Tahun Meninggal Akibat Flu Babi

Selasa, 06 Februari 2018 12:07:06 WIB
Reporter : Farah Velda
Bocah 8 Tahun Meninggal Akibat Flu Babi

New York (beritajatim.com) - Queens, seorang gadis asal New York berusia 8 tahun, meninggal dunia akibat terserang virus flu babi, Senin (05/02/18) kemarin.
Dilansir dari nypost, peristiwa kematian anak akibat flu babi di New York ini adalah yang kedua.

Sebelumnya, pada bulan Desember lalu, seorang gadis New Jersey berusia 4 tahun, juga meninggal akibat serangan virus yang sama.

Sebelum meninggal, Queens sempat diberi obat Tamiflu (obat dari who untuk flu) ketika sakit. Namun, Ia masih kesulitan bernafas.

Meski sempat mendapat pertolongan dari ayahnya, polisi dan petugas EMS (Emergency Medical Service), nyawa Queens akhirnya tidak tertolong walau sudah dilarikan juga ke Rumah Sakit Elmhurst.

Departemen Kesehatan kota mengkonfirmasi kematian gadis itu. Menurut pejabat kesehatan negara setempat, musim ini merupakan yang terburuk sejak tersebar luasnya flu babi pada 2009.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengatakan, secara nasional jumlah rawat inap untuk flu babi yang tertinggi. Hal itu terlihat sejak petugas kesehatan mulai merekam data pada tahun 2010.

Lebih parah dari itu, vaksin flu babi yang dikembangkan tahun ini, hanya efektif untuk 10 persen sampai 20 persen saja. Walau begitu, petugas kesehatan kota masih tetap merekomendasikan vaksin tersebut.

"Kematian tragis seorang anak karena flu adalah pengingat akan dampak buruk yang dapat dialami penyakit ini pada orang-orang dari segala umur. Musim influenza masih jauh dari selesai, dan belum terlambat untuk terkena flu. Kami mendesak orang tua untuk melindungi diri mereka dan keluarga mereka dengan mendapatkan vaksin yang berpotensi menyelamatkan jiwa ini di hari ini," kata seorang perwakilan Departemen Kesehatan dalam sebuah pernyataan. [far/kun]

Tag : flu babi

Komentar

?>