Sabtu, 23 Juni 2018

Disdik Kota Kediri Ralat Materi Yerusalem Ibukota Israel di Buku IPS SD

Senin, 15 Januari 2018 13:18:25 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Disdik Kota Kediri Ralat Materi Yerusalem Ibukota Israel di Buku IPS SD

Kediri (beritajatim.com) -- Diknas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri langsung menindaklanjuti temuan buku pelajar IPS kelas VI SD memuat materi Yerusalem ibukota Israel. 

Disdik tidak akan menarik buku cetakan PT Intan Pariwara tersebut, melainkan melarat bagian yang salah.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Kediri, Cevy Ning Suyudi mengakui adanya kesalahan pada buku pelajaran IPS Kelas VI SD yang beredar di Kota Kediri. 

Menurutnya, kesalahan buku BSE atau buku teks terjadi pada penulis dan peneliti di Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. "Terima kasih atas informasi yang diberikan oleh temen temen media. Ada kesalahan dalam buku teks IPS Kelas VI milik PT Intan Pariwara yang sudah beredar di sekolah. Tetapi hal itu sudah diketahui oleh Kementrian Pendidikan. Karena para penerbit ini juga mengambil dari Pusat Perbukuan," ujarnya, Senin (15/1/2018).

Disdik Kota Kediri sudah menerima surat dari Kementrian Pendidikan pada tanggal 24 Desember 2017 yang isinya adalah ralat pada kesalahan buku yang menyebutkan Yerussalem ibu kota Israel itu. Namun, dari kesalahan itu, Disdik Kota Kediri tidak akan menarik buku pelajaran IPS Kelas VI yang sudah terlanjur beredar di sekolah. 

"Akan dilakukan ralat atau revisi pada halaman yang salah. Pertimbangannya jika ada penarikan buku, dikhawatirkan dapat mengganggu pembejaran siswa karena  siswa nanti tidak memiliki buku teks," jelasnya.

Dia mengakui banyak kepala sekolah yang belum mengetahui isi pelajaran buku IPS Kelas VI cetakan PT Intan Pariwara. Pasalnya, ada beberapa kepala sekolah baru menjabat dan tidak tahu tentang masalah tersebut. "Hari ini kita langsung memanggil UPTD dan Ketua Komite Kepala Sekolah (K3S) serta kepala sekolah untuk mensosialisasikan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, buku IPS kelas VI jenjang SD/MI yang menyebut Yerussalem ibukota Israel juga beredar di Kota Kediri. Buku cetakan penerbit PT Intan Pariwara yang masih menggunakan metode pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) atau Buku Sekolah Elektronik (BSE) ditemukan di SDN Sukorame 1 Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Buku pelajaran SD mata pelajaran IPS terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009 dan diperbanyak oleh PT Intan Pariwara. Didalam buku pelajaran KTSP atau BSE pengarang I.S. Sadiman - Shendy Amalia  terdapat Bab pelajaran tentang ibu kota negara-negara Asia.

Pada halaman 64 dalam materi nama-nama negara yang termasuk ke dalam wilayah Benua Asia Barat, disitu tertulis jika Yerussalem merupakan ibu kota Israel. (nng/ted) 

Tag : palestina

Komentar

?>