Senin, 25 Juni 2018

Sempat Ada Peringatan Pulau Hawai Diserang Rudal

Minggu, 14 Januari 2018 15:25:51 WIB
Reporter : Muhammad Ghiffary D.D.
Sempat Ada Peringatan Pulau Hawai Diserang Rudal

Hawaii (beritajatim.com)--Penduduk pulau Hawai, Amerika Serikat dibuat panik akibat adanya peringatan bahwa sebuah rudal balistik sedang meluncur ke pulau tersebut, Sabtu (13/1/2018).

Dilansir dari CNN, David Ige, selaku pemerintah Hawaii, menerangkan bahwa peringatan itu adalah sebuah kesalahan teknis.

"Salah seorang petugas menekan tombol yang salah," ujar Ige.

"Peringatan itu langsung menyebar ke seluruh televisi, radio dan telpon seluler," tambahnya.

Pesan yang dikirim Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada jam 1 dini hari tersebut berisi tentang adanya sebuah misil yang menuju ke pulau Hawaii dan menganjurkan masyarakat agar segera mencari perlindungan.

Dalam pesan tersebut juga ada keterangan bahwa peringatan tersebut "bukan latihan".

Berselang 40 menit kemudian, pejabat di pulau Hawaii dan Komando Pasifik A.S merespon peringatan adanya peluncuran rudal ke daerah Hawai.

"Tidak ada rudal yang mengancam Hawai, semua itu kesalahan teknis," ujar Komandan Pasifik A.S, David Benham.

Michael Kucharek, juru bicara Komando Pertahanan Aerospace Amerika Utara di Colorado Springs, Colorado, mengatakan bahwa NORAD (Bagian Antariksa gabungan AS - Kanada yang memberikan keterangan tentang antariksa) dan Komando Utara AS masih berusaha untuk memverifikasi apa yang terjadi di Hawai.

Namun NORAD tidak melihat adanya indikator ancaman bagi Hawai.

"NORAD dan Komando A.S bagian Utara masih mencoba untuk mengidentifikasi apa yang sedang terjadi," kata Kucharek. [dev/air]

Komentar

?>