Senin, 16 Juli 2018

Hanya Sebulan, 6.700 Muslim Rohingya Dibunuh

Jum'at, 15 Desember 2017 09:26:25 WIB
Reporter : -
Hanya Sebulan, 6.700 Muslim Rohingya Dibunuh

Jakarta (beritajatim.com) - Hanya dalam sebulan (25 Agustus hingga 24 September) sedikitnya 6.700 orang Muslim Rohingya tewas akibat kekerasan di Myanmar.

Badan sosial Medecins Sans Frontieres (MSF ) mengungkapkan korban yang mencapai ribuan orang itu merupakan 'indikasi terjelas sejauh ini tentang meluasnya kekerasan' oleh pihak berwenang Myanmar.

Jumlah korban yang didasarkan pada survei terhadap pengungsi di Bangladesh itu jauh lebih tinggi dari angka resmi 400 jiwa yang dikeluarkan oleh Pemerintah Myanmar.

Berdasarkan perkiraan MSF, sejak serangan atas sejumlah pos polisi oleh kelompok militan Rohingya, Agustus lalu, sekitar 647.000 orang Rohingya mengungsi ke Bangladesh untuk menghindari aksi kekerasan oleh aparat keamanan Myanmar maupun kelompok nasionalis Budha.

Menurut MSF, temuannya memperlihatkan sedikitnya 9.000 umat Muslim Rohingya tewas di Myanmar dalam periode 25 Agustus hingga 24 September.

"Dengan perkiraan yang paling konservatif, sedikitnya 6.700 dari korban yang tewas itu diakibatkan kekerasan, termasuk 730 anak-anak berusia di bawah lima tahun," demikian pernyataan MSF, yang dikutip dari BBC, Jumat (15/12/2017) dini hari.

Militer Myanmar menggelar operasi keamanan setelah kelompok militan Rohingya, ARSA, menyerang lebih dari 30 pos polisi namun membantah mereka membunuh warga sipil, membakar kampung-kampung Rohingya, maupun memperkosa perempauan Rohingya dan dan mencuri harta bendanya.

"Yang kami temukan itu mengejutkan, baik dari sisi jumlah orang yang dilaporkan anggota keluarganya meninggal akibat kekerasan dan juga dari laporan tentang mengerikannya cara korban tewas atau yang luka parah itu," kata Direktur Medis MSF, Sidney Wong. [inilah.com]

Tag : rohingya

Komentar

?>