Jum'at, 20 Oktober 2017

Protes Pembantaian Rohingya

Projo Jombang Copot Bendera Myanmar di Taman ASEAN

Senin, 04 September 2017 22:36:14 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Projo Jombang Copot Bendera Myanmar di Taman ASEAN

Jombang (beritajatim.com) - Demo mengecam kekerasan terhadap muslim Rohingya dilakukan belasan anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) Projo (Pro Jokowi) di Jombang, Senin (4/9/2017) malam. Mereka mencopot paksa bendera Myanmar yang berkibar di taman ASEAN atau kawasan bundaran Ringin Contong Jombang.

Bendera tersebut kemudian diarak dan diserahkan ke Polres setempat. Massa meminta agar kekerasan terhadap umat muslim Rohingya segera dihentikan. Jika tidak maka, Projo akan melakukan aksi lanjutan.

Belasan anggota Projo ini datang dengan mengenakan seragam putih. Selanjutnya, mereka bergerak ke deretan bendera negara anggota ASEAN yang berjajar rapi di taman yang berada di Jl Wahid Hasyim Jombang. Para aktivis Projo kemudian menurunkan bendera Myanmar.

Aksi penurunan bendera itu ditutup dengan orasi. "Kami mengecam kekerasan yang dilakukan saudara kami muslim Rohingya. Kami mendesak agar segala bentuk kekerasan tersebut dihentikan. Pencopotan bendera ini sebagai bentuk protes kami terhadap Myanmar," ujar Faizudin Fil Muntaqobad, salah satu anggota Projo.

Faiz mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang telah pro aktif dalam menyikapi konflik di Myanmar tersebut. Langkah konkret yang dilakukan presiden adalah mengirimkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Malam ini kami menurunkan bendera Myanmar yang ada di taman ASEAN Jombang. Ini sebagai bentuk protes kami atas kekejaman Myanmar terhadap muslim Rohingya. Apapun bentuk kekerasan harus dihentikan," pungkas Faiz. [suf]

Tag : rohingya

Komentar

?>