Kamis, 20 Juli 2017

Jika Memungkinkan, Korut Sebut Akan Dialog dengan AS

Sabtu, 13 Mei 2017 15:03:50 WIB
Reporter : -
Jika Memungkinkan, Korut Sebut Akan Dialog dengan AS

Beijing - Korea Utara (Korut) menyatakan akan berdialog dengan pemerintah Amerika Serikat (AS), jika kondisinya memungkinkan. Hal ini disampaikan diplomat senior Korut di tengah ketegangan kedua negara yang dilaporkan semakin memuncak.

Dilaporkan kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap, seperti dilansir Reuters, Sabtu (13/5/2017), Choe Son Hui yang merupakan Direktur Jenderal untuk AS pada Kementerian Luar Negeri Korut menyampaikan hal itu kepada wartawan yang menemuinya di Beijing, China.

"Kita akan melakukan dialog jika kondisinya memungkinkan," ucap Choe saat ditanya apakah Korut sedang bersiap untuk berdialog dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump. Choe yang merupakan anggota senior tim perunding nuklir Korut.

Choe baru pulang dari Norwegia untuk menghadiri pertemuan 'Track Two' dengan mantan pejabat pemerintahan AS. Sumber yang memahami pertemuan itu, seperti dikutip media Jepang, menyebut sedikitnya satu mantan pejabat AS hadir, namun tanpa keterlibatan pemerintahan Trump.

Saat ditanya lagi soal apakah Korut juga bersiap untuk berdialog dengan pemerintah baru Korsel yang dipimpin Presiden Moon Jae-In, Choe menjawab: "Mari kita lihat."

Beberapa saat usai dilantik pada Rabu (10/5) pekan ini, Presiden Moon yang beraliran liberal mengutarakan niatnya untuk mengunjungi Pyongyang, Korut, jika kondisinya tepat. Moon dari Partai Demokrat Korsel ini memang memiliki pendekatan lebih moderat untuk isu Korut.

Moon menegaskan, dialog harus juga harus digelar, sejalan dengan penerapan sanksi untuk menyelesaikan persoalan senjata nuklir Korut. Langkah ini bertentangan dengan pendekatan AS yang keras terhadap Korut, terutama di bawah Trump, yang tak mengesampingkan opsi militer.

Korut sendiri sebelumnya menyatakan siap berperang dengan AS, saat menanggapi retorika keras Tump. Namun dalam perkembangannya, Trump menyatakan dirinya lebih memiliki jalur diplomatik untuk isu nuklir Korut. Trump pernah menyatakan dirinya akan 'merasa terhormat' untuk bertemu dengan pemimpin Korut, Kim Jong-Un. [kun]

Tag : korut AS

Komentar

?>