Jum'at, 24 Nopember 2017

Parlemen Belanda Ikut Galang Dukungan untuk Ahok

Kamis, 11 Mei 2017 08:27:47 WIB
Reporter : -
Parlemen Belanda Ikut Galang Dukungan untuk Ahok

Amsterdam (beritajatim.com) - Setelah ramai diwartakan media international, vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan pada Basuki Tjahja Purnama alias Ahok turut mendapat perhatian dari sejumlah anggota parlemen Belanda.

Majelis rendah parlemen Belanda mendesak Menteri Luar Negeri Bert Koenders menyampaikan protes kepada Indonesia atas putusan itu sperti dilansir Telegraaf dalam bahasa Belanda berjudul "Koenders moet gouverneur Jakarta bijstaan" pada Rabu (10/5/2017).

Desakan itu diprakarsai oleh seorang politisi asal partai Serikat Kristen Belanda, Joel Voordewind. Seruan tersebut juga memperoleh dukungan dari delapan partai di fraksi Parlemen Belanda.

Beberapa partai pendukung inisiatif tersebut antara lain Partai Demokrat Kristen Belanda atau Christen Democratisch Appl (CDA), Partai Kebebasan Demokrasi atau Volkspartij voor Vrijheid en Democratie (VVD), Partai Sosialis Socialistische Partij (SP) dan Partai Kebebasan atau Partij voor de Veijheid (PVV).

Tak sampai di situ, Voordewind bahkan meminta Koenders menyampaikan isu ini hingga ke Brussels, untuk mendesak Uni Eropa melancarkan protes yang sama kepada Indonesia.

Melalui akun Twitter-nya, Voordewind melontarakan argumennya itu sesaat setelah vonis dibacakan hakim pada Selasa (9/5/2017).

"Gubernur Jakarta, mengatakan tahun lalu, bahwa Quran Muslim tidak melarang memilih non-Muslim. 2 tahun!. Perlu tindakan!!" tulis Voordewind dalam akun Twitter-nya.

Kees van der Staaij dari Partai Reformasi Politik ikut menyatakan perhatian yang sama terhadap Ahok.bMelalui akun Twitter-nya, Staiij mengatakan penahanan Ahok adalah serangan terhadap kebebasan umat Kristen Indonesia.

"Serangan yang mengejutkan terhadap kebebasan umat Kristen Indonesia! Tekanan politik terhadap Indonesia diperlukan," ujar Staiij. [inilah.com]

Tag : belanda ahok

Berita Terkait

    Komentar

    ?>