Sabtu, 23 Juni 2018

Pemimpin Taliban Serahkan Diri ke Militer Pakistan

Rabu, 19 April 2017 08:52:50 WIB
Reporter : -
Pemimpin Taliban Serahkan Diri ke Militer Pakistan

Islamabad (beritajatim.com) - Sajjid Mohmand, seorang pejabat tinggi kelompok militan Taliban, menyerahkan diri ke pihak Pemerintah Pakistan.

The New York Times mengabarkan Senin (17/4/2017), hal itu diakui jurubicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor. "Beliau berada dalam penahanan kami," kata Asif Ghafoor dalam konperensi persnya di Rawalpindi. "Beliau menyerahkan diri ke pihak keamanan Pakistan," lanjut Asif Ghafoor tanpa merinci lebih jauh.

Sajjid Mohmand, dikenal sebagai salah satu pemimpin kelompok Taliban, Tehrik-e-Taliban hingga 2013. Tahun itu, Sajjid Mohmand dikabarkan kehilangan kepercayaan dari para pemimpin Taliban lainnya, setelah mengeluarkan kritik tajam ke kelompok Taliban. Setelah dikeluaran dari kelompoknya, Sajjid Mohmand bergabung dengan kelompok Jamaat-ul-Ahrar yang dikenal lebih militan.

Kelompok ini dikenal dengan serangkaian aksinya, seperti penyerangan terhadap Malala Yousafzai, remaja Pakistan yang ditembak saat pulang sekolah. Juga penembakan Hamid Mir, wartawan terkenal Pakistan, dan pembunuhan 11 pendaki gunung di Utara Pakistan 2013 lalu. Dan serangan atas sebuah kota di Timur Lahore.

Banyak berita spekulasi yang menyebut Sajjid Mohmand menyerahkan diri karena minta perlindungan pihak militer Pakistan, dari serangan balasan kelompok militan lainnya. Namun hal ini dibantah oleh dua anggota Jamaat-ul-Ahrar, yang menuturkan, Sajjid Mohmand menyerahkan diri secara sukarela, karena kelompok itu banyak menderita oleh serangan militer Pakistan. Salah seorang anggota keluargan Sajjid dan sejumlah pemuka suku setempat mengatur penyerahan dirinya ke pihak Pakistan. [inilah.com]

Tag : taliban

Komentar

?>