Selasa, 19 Desember 2017

Pimpinan Samsung Terseret Skandal Presiden Korsel

Kamis, 12 Januari 2017 10:07:31 WIB
Reporter : Nabila Zatalini
Pimpinan Samsung Terseret Skandal Presiden Korsel

Korea (beritajatim.com) - Pimpinan perusahaan Samsung, Lee Jae-yong diinterogasi di kantor kejaksaan di Seoul sebagai tersangka dalam skandal korupsi politik terbesar di negara tersebut (12/1/17).

Lee mengatakan "Saya sangat menyesal kepada seluruh warga Korea Selatan".

Perusahaan Samsung dituduh telah memberikan sumbangan kepada beberapa yayasan non-profit yang dioperasikan oleh Choi Soon-sil, orang kepercayaan Presiden Korea Park Geun-hye. Awal pekan ini dua eksekutif Samsung lainnya akan diwawancarai oleh jaksa khusus, namun bukan sebagai tersangka melaikan saksi.

Klaim ini dituduhkan terhadap perusahaan-perusahaan  elektronik raksasaa seperti Samsung, C & T, dan sebuah perusahaan afiliasi, Cheil Industries.

Jaksa menuduh bahwa Samsung memberi € 2.8m euro ($ 3.1m, £ 2.5m) untuk perusahaan yang dimiliki oleh  Choi Soon-sil dan putrinya, sebagai imbalan atas kesepakatan dukungan terhadap President Korea Park Geun-hye.

Memang sejak akhir tahun lalu, president wanita pertama Korsel ini tengah mendapatkan tuntutan penurunan jabatan dari masyarakatnya atas skandal kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukannya. [nab/suf]

Sumber : bbc.com

Komentar

?>