Sabtu, 24 Juni 2017

McDonald Setuju Jual 80 Persen Saham di China

Senin, 09 Januari 2017 17:33:43 WIB
Reporter : Widya Nindi
McDonald Setuju Jual 80 Persen Saham di China

Surabaya (beritajatim.com) - McDonald telah setuju untuk menjual 80% bisnisnya di China dan Hongkong sebagai bagian dari rencana untuk kerjasama dengan keuntungan lebih memiliki restoran di seluruh dunia.

China yang memiliki investasi negara Citic dan perusahaan swasta AS, Carlyle Group akan mengambil alih pengelolaan dalam kesepakatan senilai  $ 2.1bn (£ 1.7bn). Mc Donald memiliki 65% dari 2.000 outlet di China untuk dikelola.

Franchise memungkinkan untuk mengambil potongan penjualan sementara seperti pemotongan biaya operasional. McDonald juga sedang mencoba untuk meminimalis operasi global dan mengubah struktur kepemilikan dan frenchise adalah tujuan dari pengubahan struktur kepemilikan.

Pada bulan Maret tahun lalu, perusahaan mengumumkan sedang mencari mitra untuk membantu membangun lebih dari 1.500 restoran di Cina, Hongkong dan Korea untuk lima tahun ke depan.

Berdasarkan perjanjian yang telah disepakati Senin lalu, perusahaan raksasa makanan cepat saji ini akan tetap memegang sebanyak 20% saham dalam bisnis di Chin. Citic akan memegang 52% saham dalam kerjasama sedangkan Perusahaan Carlyley memegang 28% saham dari bisnis baru ini.

Para pesaing bisnis lain yang sejenis seperti  Yum Brands, pemilik KFC dan Pizza Hut, juga mengadakan restrukturisasi bisnis di China.

McDonald dan Yum Brands juga menghadapi persaingan dari bertambahnya rival di kalangan persaingan lokal yang lebih murah, terutama di China dan mencoba memulihkan keamanan yang bisnis mereka. [wid/but]

Sumber : BBC

Komentar

?>