Minggu, 22 Oktober 2017

Banjir Parah Hantam Thailand, 18 Korban Tewas

Senin, 09 Januari 2017 00:00:59 WIB
Reporter : Reza Dwi Aprilian
Banjir Parah Hantam Thailand, 18 Korban Tewas

Thailand (beritajatim.com) - Dilansir dari The Guardian, banjir bandang menggenangi Thailand Selatan. Ribuan desa hancur dan sedikitnya 18 orang meninggal.

"Hingga kini telah ditemukan 18 orang tewas. Dan satu orang masih hilang," ujar pemerintah setempat yang juga mengunformasikan bahwa hujan mengubah jalan menjadi seperti sungai dan menggenangi lahan pertanian, juga merusak lebih dari 1.500 sekolah.

Badan Meteorologi Thailand memprediksikan hujan deras masih akan mengguyur wilayah itu hingga dua hari kedepan. Mereka pun memperingatkan bahaya banjir bandang.

"Situasi hari ini hingga besok kemungkinan masih buruk. Hujan deras masih akan turun," ungkap Junjuda Pornsri, petugas di badan meteorologi.

Angkatan bersenjata Thailand pun dikerahkan untuk membantu mengevakuasi korban banjir, termasuk menyediakan tempat berlindung sementara, dan mendistribusikan bantuan.

Kawasan terparah terjadi di wilayah Nakhon Si Provinsi Thammarat. Dua helikopter telah di turunkan dengan membawa pasokan makanan dan obat-obatan khususnya bagi warga di kawasan Cha-uat yang terjebak banjir di dalam rumah.

Hujan deras yang mengguyur Thailand kali ini dinilai tak lazim, terbukti sejak November hingga Januari ini cuaca di Thailand relatif kering dan sejuk. Padahal, saat-saat ini merupakan momen kunjungan wisatawan asing tertinggi ke Thailand.

Tetangga Thailand, Malaysia pun juga terkena banjir parah pada awal pekan lalu. Musibah tersebut menyebabkan ribuan orang di timur laut negara itu terpaksa mengungsi.

Pada Sabtu 7 Januari 2017 waktu setempat, jumlah pengungsi di Kelantan dan Terengganu menurun dari 23.000 menjadi 13.500 menyusul cuaca yang mulai membaik. [rez/suf]

Sumber : theguardian.com
Tag : banjir

Komentar

?>