Selasa, 19 Desember 2017

Paus Fransiskus: Salah Jika Kaitkan Islam dengan Kekerasan dan Teroris

Senin, 01 Agustus 2016 13:21:17 WIB
Reporter : Aviv Uswatun K
Paus Fransiskus: Salah Jika Kaitkan Islam dengan Kekerasan dan Teroris

Vatikan (beritajatim.com) – Paus Fransiskus mengatakan ia tidak mau melabeli islam sebagai ‘teroris’ karena dianggap tidak benar adanya.

Saat ditanyai para wartawan di dalam pesawat sewaktu pulang dari Polandia ke Roma terkait pembunuhan terhadap pendeta Katolik di sebuah gereja Perancis , Paus sama sekali tidak mengatakan bahwa kejadian tersebut memiliki kaitan dengan Islam.

Ia akhirnya menjelaskan mengapa ia tidak menggunakan dunia islam untuk menggambarkan aksi kekerasan atau terorisme karena hal tersebut tidak tepat dan tidak benar.

“Saya percaya bahwa di dalam setiap agama selalu ada kelompok kecil yang fundamentalis. Saya tidak suka mengkaitkan kekerasan dengan Islam setiap hari. Ketika saya membaca koran, saya melihat kekerasan, ada yang membunuh pacarnya, ada yang membunuh ibu mertuanya dan mereka semua adalah umat katolik yang telah terbabtis. Jika saya berbicara tentang kekerasan Islam, berarti saya harus berbicara tentang kekerasan katolik,” katanya, Minggu (31/07/2016).

Ia pun menambahkan bahwa dalam islam, tidak semuanya adalah kekerasan, tidak semua katolik pun juga kekerasan. Ia mengatakan bahwa hal tersebut bagaikan sebuah salat buah di mana semuanya ada di sana. Dia juga menyimpulkan bahwa dia mengetahui apa yang islam pikirkan, islam selalu mencari kedamaian. Namun di sisi ISIS, yang mengaku sebagai Islam menurutnya bukanlah Islam yang sebenarnya.

Paus Fransiskus mengatakan itu pada hari di mana para umat muslim di Perancis dan Itali berkumpul untuk memperingati Sunday Mass untuk menunjukkan sikap solidaritas terkait kejadian atas serangan-serangan ekstrimis agama yang terjadi di Eropa. [viv/kun]

Tag : islam

Komentar

?>