Sabtu, 23 Juni 2018

Taliban Jarah Kekayaan Afghanistan

Selasa, 07 Juni 2016 14:22:36 WIB
Reporter : -
Taliban Jarah Kekayaan Afghanistan

London - Organisasi anti korupsi berbasis London, Global Witness, menyatakan Taliban dan kelompok militan lain di Afghanistan mendapat pemasukan sampai jutaan dolar AS per tahun dari upaya penambangan gelap.

Dalam laporan terbarunya yang dilansir BBC, Global Witness memusatkan penelitiannya pada penambangan batu setengah berharga, lapis lazuli, di Provinsi Badakhshan.

Lembaga ini menduga persaingan dengan menggunakan kekerasan terkait tambang tersebut memicu ketidakstabilan dan menuduh sejumlah pejabat Afghanistan mendapatkan keuntungan dari perdagangan tersebut.


Dalam dua tahun terakhir, Taliban diperkirakan secara bertahap meningkatkan andilnya dan sekarang mengambil lebih setengah keuntungan penambangan ilegal.


Berbicara di Kabul pada Sabtu lalu (4/6/2016), peneliti Global Witness, Stephen Carter, mengatakan sebagian milisi berasal dari kelompok bersenjata pemerintah.



"Tambang itu sendiri dikuasai kelompok bersenjata gelap dengan keuntungan tambang sebagian mereka dapatkan, namun kelompok itu dan grup tanpa kedok, maupun kelompok pemerintah --yang secara teoritis grup bersenjata pemerintah-- sebenarnya juga mendapat uang dari tambang, dan juga Taliban," kata Carter. [inilah.com]

Komentar

?>