Sabtu, 18 Nopember 2017

Dialog Lintas Iman Mengisi Bulan Ramadan

Minggu, 28 Juni 2015 21:00:26 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Dialog Lintas Iman Mengisi Bulan Ramadan
Universitas Ma Chung Malang

Malang (beritajatim.com) - Banyak cara dilakukan untuk mengisi liburan selama bulan puasa, seperti 40 mahasiswa ini mengisi bulan puasa dengan menggelar dialog lintas iman pada 29 Juni - 29 Juli.

Mahasiswa ini berasal dari Malang, Tulungagung, dan Jakarta, rencananya mereka akan menginap di rumah penghuni yang beragama berbeda dengan peserta.

"Dialog  lintas iman untuk menumbuhkan rasa toleransi antar iman" ujar Felix Sad Windu Wisnu Broto (28/06/2015). Peserta akan menempati empat lokasi yang berbeda, diantaranya Pesantren Gasek Kota Malang, kelurga di Donomulyo yang beragama Kristen dan Katolik, keluarga di Wagir yang beragama Hindu, serta keluarga di Desa Boro yang beragama Budha.

"Selama tinggal peserta bisa berinteraksi berdialog dan belajar agama lain," imbuhnya. Tidak hanya tinggal bersama peserta juga diijinkan belajar agama lain, seperti ikut sahur belajar puasa sholat trawih dan belajar mengenal agama Islam di Pesantren Gasek.

Tidak hanya itu nantinya mereka juga akan bertemu dengan pemuka kelima agama dan akan berdialog berdiskusi untuk saling mengenal agama. Pertemuan sendiri akan dilakukan di Donomulyo 1-3 Juli 2015, tujuannya untuk mengedepankan toleransi tanpa berprasangka buruk terhadap agama lain.

Dialog lintas iman ini merupakan pengembangan karakter di Universitas Ma Chung Malang. Di tahun kedua ini mereka bekerjasama dengan Gusdurian Malang dan mengundang pihak diliuar kampus melalui situs jejaring sosial. Hasilnya peserta bertambah tidak hanya mahasiswa Universitas Ma Chung saja, tapi juga Universitas Brawijaya Malang, UIN, UKI, Universitas Paramadhina Jakarta dan IAIN Tulungagung. [luc/ted]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>