Kamis, 13 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Warga Jember Diadili karena Durian

Kamis, 15 Nopember 2018 00:00:24 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Warga Jember Diadili karena Durian
foto: ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Busan alias Samsul (58), warga Dusun Teratai, Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember diadili di pengadilan negeri setempat karena tuduhan mencuri 100 buah durian, Rabu (14/11/2018).

Busan dijerat pasal 362 KUHP. Kuasa hukum Busan, Roni Bagus, mengatakan, kliennya dilaporkan mengambil buah durian di lahan warisan keluarga. Pelapor adalah salah satu saudara Busan sendiri.

Ada perbedaan soal kerugian yang ditimbulkan dalam perkara ini. Jaksa penuntut umum menyebut angka Rp 3,6 juta. Namun berdasarkan keterangan di berita acara pemeriksaan, menurut Roni, panen dengan menebas harganya kurang dari itu.

"Harganya tak lebih dari Rp 20 ribu. Jadi kerugian hanya sekitar Rp 2,4 juta saja," katanya kepada wartawan. Kerugian di bawah Rp 2,5 juta adalah tindak pidana ringan.

Roni menyatakan kliennya tak bersalah. Lahan durian itu sudah diwarisi Busan sejak sang ayah meninggal puluhan tahun lalu. Ternyata akta tanah yang dipegang salah satu saudara Busan terbit sekitar 2016-2017. Tapi dalam akta  jual beli, tidak ada keterangan penguasaan tanah berikut duriannya. [wir/suf]

Tag : pencurian

Komentar

?>