Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Tersangka Kasus PWU Meninggal di Singapura, Jaksa Bakal Gugat Ahli Waris

Selasa, 13 Nopember 2018 11:48:08 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Tersangka Kasus PWU Meninggal di Singapura, Jaksa Bakal Gugat Ahli Waris

Surabaya (beritajatim.com) - Direktur PT Sempulur Adi Mandiri (Dirut PT SAM) Sam Santoso diketahui meninggal dunia di sebuah Rumah Sakit di Singapura. Pria kelahiran 83 tahun silam ini meninggal dunia pada 3 November 2018 lalu sekitar pukul 12.49 waktu Singapura.

Pemilik nama lengkap Dr Michael Antonius Sam Santoso M.B.A atau Thio Kwie Sing ini ditetapkan sebagai tersangka pada 31 Mei 2017 lalu. Sam Santoso selaku pembeli asset PT Panca Wira Usaha (PT PWU) milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) yang terletak di Kediri dan Tulungagung.

Pada tahun 2003 lalu, kedua asset milik Pemrov Jatim Ini, yang kelola oleh PT PWU berdasarkan Perda No. 5 tahun 1999 tentang penggabungan Lima Perusahaan Daerah (Perusda), dijual tanpa melalui prosedur oleh terdakwa Wishnu Wardana, Ketua Tim Penjualan asset (sudah divonis 3 tahun dengan pidana tambahan mengembalikan kerugian negara Rp 1,5 M), dimana Oepojo Sardjono dan Sam Santoso selaku pembeli yang diuntungkan dan merugikan keuangan negara sebesar Rp 11.071.914.000.

Asisten pidana khusus Kejati Jatim Didik Farkhan Alisyahdi menyatakan dengan meninggalnya tersanhka Sam  Santoso maka secara ketentuan hukum acara (KUHAP) perkaranya gugur.

"Kalau perkaranya sesuai ketentuan hukum acara (KUHAP) otomatis gugur karena tersangka meninggal dunia," ujar Didik saat dikonfirmasi melalui selulernya, Selasa (13/11/2108).

Terkait kerugian negara menurut Didik, pihaknya penyidik nantinya akan melimpahkan ke Datun (jaksa pengacara negara/JPN) untuk melakukan gugatan perdata ke ahli warisnya.

"Jadi ahli warisnya nanti yang akan kita gugat secara perdata," ujarnya. [uci/but]

Komentar

?>