Kamis, 15 Nopember 2018

Warga Banyuwangi Bayar Hutang Pakai Uang Palsu

Rabu, 17 Oktober 2018 16:35:01 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Warga Banyuwangi Bayar Hutang Pakai Uang Palsu

Banyuwangi(beritajatim.com) - Polisi Resort (Polres) Banyuwangi mengungkap sebuah aksi kejahatan yang dilatarbelakangi utang piutang. Anehnya, saat melakukan pembayaran, uang yang digunakan meruapakan uang palsu.

Kasus ini terungkap dari penangkapan seorang tersangka bernama Muhamad Kholid oleh Polsek Srono. Dari tangan tersangka ini, polisi berhasil mengamankan sejumlah uang pecahan Rp 100 ribuan sebanyak 4 lembar.

"4 lembar BAM934306 dari Kholidun Mujib alias Islam Taufik asal Banywuangi. Uang itu diselipkan dalam pecahan uang Rp 100 ribuan dalam jumlah Rp 4 juta sebagai pembayaran utang ke tersangka 1," terang
Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman, Rabu (17/10/2018).

Beda halnya dengan tersangka lainnya, Muhamad Kholid. Dengan modus hampir sama, namun uang palsu itu digunakan untuk membeli sepeda motor.

"Uang pecahan itu bernomer seri BAM934306, sebanyak 18 lembar itu diselipkan dalam satu bendel uang Rp 6,2 juta," ungkapnya.

Di hadapan petugas, keduanya mengaku mendapat uang palsu tersebut dari seseorang di Kabupaten Pasuruan. Kuat dugaan, kasus ini mengarah pada jaringan antar kota."Keduanya kita jatuhi pasal 245 KUHP tentang uang palsu," pungkasnya.(rin/ted)

Tag : upal

Komentar

?>