Minggu, 21 Oktober 2018

Upal Beredar di Sampang, Begini Imbauan Kapolres

Jum'at, 12 Oktober 2018 22:57:52 WIB
Reporter : Zamachsari
Upal Beredar di Sampang, Begini Imbauan Kapolres
foto: ilustrasi

Sampang (beritajatim.com) - Peredaran uang palsu (upal) di wilayah hukum Polres Sampang kian meresahkan. Upal yang telah menyebar ini jenis pecahan Rp 100 ribu.

Hal itu terbukti, ketika salah satu warga yang enggan disebutkan identitasnya mengaku kecewa saat melakukan transaksi setor tunai sejumlah uangnya di salah satu bank di Sampang.

Ketika hendak dihitung, petugas teller bank menyatakan bahwa ada lima lembar uang kertas pecahan Rp 100 ribu meragukan alias palsu.

"Maaf mas, lima lembar uang ini palsu dan meragukan keasliannya," kata Desy, seorang teller bank di Sampang, Jumat (12/10/2018).

Menanggapi adanya peredaran upal, Kapolres Sampang, AKBP Budi Wardiman mengatakan, untuk pengungkapan kasus peredaran upal diakuinya masih minim. "Jika menemukan ada tanda-tanda peredaran uang palsu, maka segera dilaporkan," pintanya.

Menurutnya, sasaran peredaran upal yaitu terhadap warung-warung yang tidak dilengkapi dengan alat pendeteksi upal. Oleh karenanya, diimbau kepada pelaku usaha di Sampang untuk melengkapi alat pendeteksi tersebut.

"Jika tidak punya alat pendeteksi, upayakan selalu mengecek secara manual dengan cara dilihat, diraba dan diterawang (3D)," pungkasnya. [sar/suf]

Tag : upal sampang

Komentar

?>