Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Polda Jatim Kirim 50 Anggota ke Pulau Sapudi, Bangun Tenda Darurat Untuk Korban Gempa

Kamis, 11 Oktober 2018 18:38:15 WIB
Reporter : Temmy P.
Polda Jatim Kirim 50 Anggota ke Pulau Sapudi, Bangun Tenda Darurat Untuk Korban Gempa

Sumenep (beritajatim.com) - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan mengirimkan 50 angggotanya untuk di BKO (bawah kendali operasi) ke daerah terdampak gempa paling parah di Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.

"Anggota yang kami 'BKO' ke Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi sebanyak 50 orang, terdiri dari Brimob dan Sabhara," katanya, Kamis (11/10/2018).

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan pada Kamis siang mengunjungi para korban gempa di Pulau Sapudi menggunakan helikopter bersama Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman.

"Kami sudah menyiapkan tenda darurat untuk tempat tinggal sementara bagi warga yang rumahnya rusak berat akibat gempa dan tidak bisa lagi ditinggali. Tenda darurat itu kami bangun di lapangan," terang Luki.

Ia memuji kepedulian masyarakat Pulau Sapudi kepada para korban gempa. Warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah, ditampung untuk tinggal di rumah tetangganya.
"Kepedulian dan rasa persaudaraannya sangat tinggi. Di Pulau Sapudi, meski terjadi gempa, tetapi kondisinya terpantau kondusif," ucap Kapolda.

Pada Kamis dini hari, pukul 01.46 WIB, terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 6,3. Episenter gempa bumi berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo. Hasil monitoring BMKG, sempat terjadi lagi gempa susulan dengan magnitudo 3,4 pada pukul 02.30 WIB.

Daerah terparah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut adalah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. Ratusan rumah rusak. Puluhan warga luka-luka, dan tiga warga meninggal akibat tertimpa reruntuhan rumah.

Data dari BPBD Sumenep, korban gempa tersebar di Desa Prambanan, Jambuir, Karang Tengah, Kaloang, Pancor, dan Desa Nyamplong, Kecamatan Gayam. Selain itu juga ada di beberapa desa di Kecamatan Nonggunong Pulau Sepudi, serta beberapa wilayah di kecamatan daratan Sumenep. (tem/kun)

Tag : gempa sapudi

Komentar

?>