Minggu, 21 Oktober 2018

Napi Sumenep Gelar Sholat Ghaib dan Galang Dana Bagi Korban Gempa Palu

Kamis, 04 Oktober 2018 12:54:15 WIB
Reporter : Temmy P.
Napi Sumenep Gelar Sholat Ghaib dan Galang Dana Bagi Korban Gempa Palu

Sumenep (beritajatim.com) - Sekitar 100 narapidana dan tahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sumenep, menggelar sholat ghaib dan doa bersama bagi para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Kegiatan ini sebagai wujud rasa belasungkawa dan keprihatinan kami sebagai warga binaan terhadap para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala," kata salah satu warga binaan Rutan Sumenep, Salim Ahmad, Kamis (04/10/2018).

Ia memaparkan, kegiatan sholat ghaib, doa bersama, dilanjutkan dengan membaca Yasin, dilakukan sejak hari 'H' musibah gempa dan tsunami terjadi.

"Kegiatan doa bersama ini murni merupakan inisiatif warga binaan. Pimpinan doanya juga dari warga binaan sendiri. Kebetulan didukung penuh oleh pimpinan rutan" ujarnya.

Sementara Kepala Rutan klas IIB Sumenep, Beni Hidayat menuturkan, aksi doa bersama dan sholat ghaib tersebut merupakan bentuk kedukaan warga binaan atas bencana dan musibah yang dialami saudara-saudara di Palu dan Donggala.

"Ada sekitar 100 napi dan tahanan yang mengikuti doa bersama. Karena kalau seluruh warga binaan mengikuti acara ini di masjid rutan, tempatnya yang gak cukup. Jadi sebagian saja. Yang lain mengikuti dari dalam kamarnya," katanya.

Sedangkan terkait penggalangan dana, Beni mengaku sifatnya tidak memaksa. Apabila ada warga binaan yang berniat untuk ikut menyumbang korban gempa dan tsunami, dipersilahkan. Apabila tidak, juga tidak apa-apa, karena sama sekali tidak ada paksaan.

"Yang diwajibkan itu seluruh petugas disini. Kalau warga binaan tidak diwajibkan menyumbang kepada korban bencana. Hasil sumbangan akan dikumpulkan di kantor wilayah Jawa Timur, bersama dengan rutan di seluruh Jawa timur. Nanti dari pokja wilayah yang mengirimkan bantuan itu ke Sulawesi Tengah," ucapnya. (tem/kun)

Tag : gempa palu

Komentar

?>