Selasa, 16 Oktober 2018

Ratusan Prajurit Kodim 0809 Kediri Bantu Renovasi Rumah Warga Lereng Wilis

Senin, 24 September 2018 15:32:35 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Ratusan Prajurit Kodim 0809 Kediri Bantu Renovasi Rumah Warga Lereng Wilis

Kediri (beritajatim.com) - Anggota Kodim 0809 Kediri dilibatkan dalam Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103. Ratusan prajurit TNI AD dikerahkan dalam memperbaikan rumah warga yang tinggal di lerang kaki Gunung Wilis Kabupaten Kediri. Mereka juga memperbaiki infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Jugo dan Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol.Kav .Dwi Agung Sutrisno mengatakan, rumah warga yang rusak dan harus dilakukan perbaikan terdata berjumlah seratus tempat tinggal. "Sasarannya untuk pembangunan semeninasi jalan yang menghubungkan Desa Jugo dan Desa Blimbing. Kemudian untuk perumahanya fisik sejumlah 100 rumah. Sebanyak 50 di Desa Blimbing dan 50 di Desa Jugo," katanya.

Untuk non fisik, TNI AD melakukan penyuluhan dan pemberian pembekalan keterampilan kepada warga. Penyuluhan dan pembekalan dilaksanakan oleh Dinas terkait. Seperti Dinas Kesehatan tentang  masalah KB dan Dinas Pertanian masalah cocok tanam.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus meringankan beban warga yang tinggal di llereng Kaki Gunung Wilis terutama bagi mereka yang memiliki tempat tinggal tidak layak dan diperlukan renovasi.

Kepala Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Djaoeari mengatakan, skala proritas dalam kriteria  perbaikan rumah warga, lebih diutamakan  bagi perempuan berstatus  janda dan masyarakat kategori kurang mampu yang tempat tinggalnya memang tidak layak ditempati.

Warga yang tingal di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Ini bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Strata pendidikan mereka paling banyak hanya lulusan SD dan SMP. Sementara untuk lulusan SMA sangat jarang. Dari 1300 kepala keluarga yang tercatat sebagai warga Desa Blimbing, diketahui  hanya satu orang yang berstatus sebagai PNS.

Mbah Mesiyah (70) salah satu warga mengaku sangat terbantu dengan adanya Program Tentara manunggal membangun Desa. Dirinya berharap rumahnya segera direnovasi, karena selama ini ia tinggal bersama suami yang dalam kondisi sering  sakit dan sudah tidak bekerja lagi. (nng/kun)

Tag : kodim kediri

Berita Terkait

    Komentar

    ?>