Rabu, 19 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Catatan Najwa, Berita, Literasi Digital dan Hoaks

Sabtu, 22 September 2018 15:50:35 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Catatan Najwa, Berita, Literasi Digital dan Hoaks

Banyuwangi (beritajatim.com) - Penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian yang cukup besar di kalangan pengguna media sosial di Indonesia, menimbulkan keprihatinan banyak pihak.

Tak terkecuali oleh seorang jurnalis senior Najwa Shihab. Founder Narasi TV tersebut, mengajak masyarakat untuk melek literasi media.

Berbagai informasi yang diterima, menurut Najwa, perlu disaring terlebih dahulu. Di era digital yang serba pintar saat ini, telah menyediakan banyak perangkat untuk menyaring berbagai informasi hoaks.

"Misalnya, pilih informasi yang berasal dari portal berita yang kredibel. Atau, jika lebih teliti sedikit, bisa menggunakan perangkat yang telah disiapkan oleh google atau aplikasi serupa untuk mengidentifikasi asal-usul foto atau berita. Jika lebih teliti, pasti akan terhindar dari hoaks," ungkapnya, Sabtu (22/9/2018)

Pengguna aktif media sosial di Indonesia yang sangat tinggi di dunia, menjadi tempat yang tepat untuk persebaran hoaks. Lebih-lebih tingkat minat baca masyarakat yang sangat rendah.

"Cukup dibaca judulnya, berita yang tak jelas isinya langsung dibagikan begitu saja. Tak peduli berita itu hoaks atau bukan," keluhnya.

Peningkatan literasi media, kata Nana, juga harus diimbangi peningkatan literasi dalam arti membaca buku. Dengan kegemaran membaca yang baik, akan membuat orang lebih teliti dalam membaca suatu informasi.

"Membaca tidak hanya mengeja, tapi memahami. Bisa membaca dan suka membaca adalah dua hal yang berbeda. Orang hanya bisa membaca tanpa bisa memahami akan mudah mempercayai hoaks, ketimbang orang yang suka membaca. Karena orang suka membaca akan lebih teliti," ungkap duta baca nasional tersebut.

Kehadiran Najwa Shihab di Banyuwangi akan berlangsung selama dua hari. Selain menjadi pemateri Indonesia Writers Festival, ia juga menggelar Narasi Roadshow. Acara yang terakhir ini, merupakan program dari Narasi TV. Tidak hanya menggelar talkshow yang bertajuk "Catatan Najwa", namun juga dimeriahkan dengan berbagai agenda lainnya.

Kegiatan yang berlangsung sejak dua hari sejak Jum'at (21/9) itu, juga menghandirkan berbagai komunitas di Banyuwangi. Mulai dari komunitas fotografi, skeateboard, mural dan lain sebagainya. Selain itu, juga menghadirkan pentas musik dan stand up comedy untuk hiburannya.

Puncak dari Narasi Roadshow tersebut, akan berlangsung pada Sabtu malam (22/9). Ada sederet bintang tamu yang dihadirkan. Baik sebagai tamu dalam acara talkshow maupun sebagai penghibur. Di antaranya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Komika Joshua Suherman, Band Mocca dan lain sebagainya. (rin/ted)

Tag : hoax media

Komentar

?>