Jum'at, 16 Nopember 2018

Wajah 9 Narapidana di Lapas Banyuwangi Tampak Sumringah

Jum'at, 17 Agustus 2018 18:40:33 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Wajah 9 Narapidana di Lapas Banyuwangi Tampak Sumringah

Banyuwangi (beritajatim.com) - Wajah sumringah terpampang dari sejumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi. Pasalnya, bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 73, mereka mendapat remisi.

Alex Murhono, salah satu penerima remisi mengaku merasa senang dan haru lantaran dapat menghirup udara segar di luar penjara. Pria asal Surabaya yang tinggal di Kecamatan Genteng ini menghuni Lapas Banyuwangi selama 3 tahun, 8 bulan karena melakukan pencurian.

"Pelajaran yang saya dapat di tempat ini cukup banyak. Salah satunya merubah sikap saya dan kebiasaan saya yang dulu brutal, sekarang insya Allah jauh lebih berubah,"

Tapi sayang, saat yang berbahagia ini dirinya bakal tinggal sendiri. Pasalnya, istri yang lama ditinggalkan telah tiada mendahuluinya.

"Saya selalu berdoa agar semua baik-baik saja. Saya akan mencoba berusaha untuk lebih baik, dan akan mulai aktivitas dengan berdagang. Semoga warga di luar dapat menerima saya," ucapnya.

Dari jumlah total penghuni sebanyak 1084 orang. Sebanyak 450 warga binaan berhak menerima remisi.

"Dari 450 orang itu, ada 9 mantan narapidana mendapat remisi bebas," kata Kepala Lapas Banyuwangi Ketut Akbar Herry Achjar, Jumat (17/8/2018).

Meski demikian, baru 4 orang narapidana yang dapat meninggalkan lokasi pembinaan itu. Pasalnya, 5 di antaranya harus menjalani sisa hukuman.

"Yang lima belum bisa meninggalkan tempat ini karena mendapat Subsider. Itu biasanya belum dibayarkan," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengucapkan selamat kepada 450 orang yang mendapat remisi. "Mudah-mudahan semua diberi kesehatan," katanya.

Yusuf menambahkan, Lapas Banyuwangi menurutnya telah overload dan perlu adanya pembangunan bangunan baru. Karena tempat yang saat ini telah over capacity hingga 400 persen.

"Karena sudah overload, semestinya sudah dipenuhi. Tanah untuk lapas sudah ada seluas 3 Hektar, saya minta segera ditindaklanjuti kembali, agar lapas Banyuwangi mendapat tempat representatif," pungkasnya. [rin/but]

Tag : napi

Komentar

?>