Minggu, 18 Nopember 2018

Inilah Profil Keluarga Terduga Teroris di Jember

Minggu, 05 Agustus 2018 10:57:11 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Inilah Profil Keluarga Terduga Teroris di Jember
Tim Densus Anti Teror

Jember (beritajatim.com) - AR, terduga teroris yang tinggal bersama istri dan tiga anaknya di Perumahan Istana Tegalbesar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, bukanlah tipe orang yang jauh dari tetangga dan bersikap eksklusif.

Nur Cahyo, ketua rukun tetangga setempat mengatakan, setelah penggeledahan rumah pleh Detasemen Khusus 88 Antiteror, Kamis (2/8/2018) kemarin, keluarga AR sudah beraktivitas biasa. "Istrinya tukang pijat. Pelanggannya sudah banyak," katanya.

Nur Cahyo mengatakan, AR dan keluarganya ramah. Ia tidak pernah melihat ada tamu-tamu mencurigakan di rumah itu. "Mereka kurang lebih delapan bulan tinggal di sini," katanya. Mereka tidak mengontrak karena menempati rumah kerabat.

AR punya tiga anak, dua yang pertama laki-laki. Si bungsu yang perempuan berusia empat tahun. Semua anaknya tidak bersekolah, termasuk si sulung yang berusia sepantaran anak sekolah menengah pertama.

Pengurus RT sempat bertanya soal KTP AR. "Ini kok ada dua?" Nur Cahyo menirukan pertanyaan waktu itu.

Saat itu AR menjawab, bahwa berkas di kota asalnya belum ditarik. "Saya lupa asalnya: Probolinggo atau Malang. Tapi kartu keluarga AR masih ikut mertua," kata Nur Cahyo.

AR tinggal di rumah dengan jumlah tetangga yang masih sedikit. Perumahan tersebut memang tergolong baru.

Nur Cahyo tidak pernah curiga AR terlibat aksi kejahatan, apalagi terorisme. Sehari-hari AR berjualan bakso keliling dengan bersepeda motor. "Orangnya baik. Jadi saya tidak curiga," katanya.

Rumah AR, warga Perumahan Istana Tegal Besar Klaster Kutai, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, digerebek Detasemen Khusus 88, Kamis (2/8/2018). Rumah penjual bakso itu digeledah dengan disaksikan istri dan tiga anak AR. [wir/but]

Tag : teroris

Komentar

?>