Rabu, 22 Agustus 2018

Nyabu, Pelajar SMA Ini Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Kamis, 02 Agustus 2018 19:56:04 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Nyabu, Pelajar SMA Ini Dituntut 7,5 Tahun Penjara

Surabaya (beritajatim.com) - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syaiful Bahri menuntut pidana penjara selama tujuh tahun enam bulan pada AF (18) karena telah melakukan tindak pidana memakai narkoba jenis sabu-sabu, Kamis (2/8/2018).

Atas tuntutan tersebut, pelajar SMA asal Jl Sidodadi Kulon, Simokerto Surabaya ini meminta keringanan hukuman dengan alasan ingin melanjutkan sekolahnya.

Selain hukuman badan, terdakwa juga dituntut membayar denda Rp 800 juta dan apabila tidak mampu dibayar maka diganti dengan pidana penjara selama enam bulan. subsider 6 bulan kurungan.

Usai mendengar tuntutan, AF menyampaikan pembelaan melalui lisan. "Saya minta keringan hukuman, Pak, saya ingin melanjutkan sekolah saya," pinta AF kepada majelis hakim.

Atas pembelaan tersebut, majelis hakim akhirnya menjatuhkan hukuman selama lima tahun penjara. "Kamu dihukum lima tahun, dan denda Rp 800 juta kalau tidak bisa membayar, kamu menjalani kurungan 6 bulan," kata ketua majelis hakim.

Untuk diketahui, AF ditangkap tim Anti Bandit Polsek Pakal dan ditemukan barang bukti  narkotika jenis sabu – sabu tersebut, menurut keterangan sabu tersebut dibeli seharga Rp. 200.000 di pinggiran  Jl. Kedungsari, Surabaya, dengan sistim ranjau. Modusnya dengan cara terdakwa diarahkan mengambil pesanan sabu – sabu dalam bungkus rokok yang diletakan dekat tiang di sekitar Jl. Kedungsari Surabaya.

Terdakwa juga  menerangkan bahwa membeli sabu tersebut pada tanggal 09 Maret lalu dan mengkonsumsi sabu–sabu terakhir 2 hari lalu, di dekat sumur belakang rumahnya.

Atas perbuatannya terdakwa didakwa pasal 112 ayat 1 UU RI No.35 Tahun 2009 tentang narkotika. [uci/but]

Tag : narkoba

Komentar

?>