Senin, 10 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Simpan Narkoba, Terdakwa Torang Dihukum 4 Tahun

Selasa, 17 Juli 2018 19:27:37 WIB
Reporter : Nyuciek Asih
Simpan Narkoba, Terdakwa Torang Dihukum 4 Tahun

Surabaya (beritajatim.com) - Majelis Hakim yang diketuai R Anton menjatuhkan pidana penjara selama empat tahun pada Torang Manaek Manullang terdakwa pengedar sabu, Selasa (17/7/2018).

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Achmad Irianto dari Kejari Surabaya yang menuntut pidana penjara selama lima tahun karena terbukti melanggar pasal 112 ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009. "Menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun kurungan, dan denda sebesar Rp 800 juta subsieder 3 bulan," terang Jaksa Irianto, Selasa (17/7/2018).

Terdakwa yang diberi kesempatan oleh Majelis Hakim, memohon keringan hukuman dan menyatakan tidak akan mengulangi perbuatannya. "Saya kapok Pak Hakim, dan tidak akan mengulangi lagi," ujarnya.

Berdalih mempersingkat sidang, Ketua Majelis hakim R Anton menyatakan sidang langsung dilanjutkan dengan putusan. "Kita langsung putusan hari ini ya, biar cepat," ucapnya.

Dalam membacakan amar putusan, Hakim R Anton menyatakan, terdakwa terbukti bersalah, dimana yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan Narkoba dan meringankan terdakwa mengau menyesal.

"Setelah mendengar keterangan saksi-saksi, Majelis Hakim sepakat menjatuhkan pidana penjara selama 4 tahun penjara dan denda Rp 800 juta subsider 2 bulang kurungan," terang Hakim R Anton.

"Kami sudah sepakat menjatuhkan hukuman sigitu, dan itu sudah minimal tidak bisa dibawahnya. Kamu terima apa mau banding," tanya Hakim Anton.

Mendapat pertanyaan tersebut, terdakwa dengan tegas menyatakan menerima, "saya terima Pak Hakim," ujarnya seraya menandatangai berita acara putusan.

Dalam dakwaan, terdakwa dibekuk Satreskoba Polrestabes Surabaya di Jl Raya Bukit Darmo, Selasa (17/7/2018) sekitar pukul 22.00 WIB, saat akan melakukan transaksi. Dalam penggeledahan ditemukan barang bukti sabu seberat 0.58 gram.

Dalam pengembangan, petugas melakukan penggeledahan di kamar 804 Hotel Red Planet tempat terdakwa menginap. Disana ditemukan barang bukti 4 poket sabu masing-masing seberat 2,78 gram, 0,24 gram, 0,26 gram dan 0,64 gram serta pipet kaca.

Selain itu, juga ditemukan 1 unit timbangan elektrik dan 1 bandel plastik klip. Dalam pengakuannya, terdakwa membeli sabu tersebut terhadap Cak Dul (DPO) bandar Narkoba yang berada di kawasan Jl Kunti, Surabaya, seharga Rp 4,4 juta. [uci/kun]

Tag : narkoba sabu

Komentar

?>