Senin, 20 Agustus 2018

Kasus Penyelundupan 13 Mobil, Satu Pelaku Dibekuk

Senin, 16 Juli 2018 23:52:56 WIB
Reporter : Ragil Priyonggo
Kasus Penyelundupan 13 Mobil, Satu Pelaku Dibekuk

Surabaya(beritajatim.com) - Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menggagalkan penyelundupan 13 mobil ke luar pulau. Polisi juga mengamankan pria berinisial IK (35) asal Kuningan Jawa Barat, sebagai tersangka.

"Tersangka IK ini mempunyai peran memalsukan identitas 13 mobil berbagai jenis yang diselundupkan. Dia terbukti melanggar Pasal 35 UU RI Tahun 1999 tentang Fidusia," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Antonius Agus Rahmanto, Senin (16/7/2018).

Menurut Alumnus Akpol tahun 2000 ini, dalam pasal tersebut tertera apabila debitur (warga yang mengajukan kredit) yang akan melakukan akad kredit menggunakan identitas palsu, maka akan dipidana dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara dan denda paling banyak 100 juta.

Mengapa pemalsuan dokumen itu di kaitkan dengan undang-undang fidusia? "Tersangka yang telah mengajukan kredit kepada finance. Saat kredit tersebut macet, pihak finance mengecek sesuai alamatnya. Dari situ diketahui kalau identitas tersebut palsu," lanjut Agus.

Dalam pemeriksaan, IK hendak mengirim satu unit mobil ke luar pulau. Namun setelah di dalami, dia sudah melakukan pengiriman tiga mobil ke luar pulau dengan cara memalsukan identitasnya. "Dari satu pelaku ini, kasus tetap akan dikembangkan, yang kemungkinan ada tersangka lain," tandas Agus.

Agar kasus penyelundupan mobil tidak terulang lagi, maka Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan melakukan kegiatan patroli di terminal pelabuhan tersebut. [gil/suf]

Komentar

?>