Senin, 24 September 2018

Rampok Spesialis Nasabah Bank Dibekuk Polisi

Rabu, 11 Juli 2018 15:57:47 WIB
Reporter : Lucky Aditya Ramadhan
Rampok Spesialis Nasabah Bank Dibekuk Polisi

Malang (beritajatim.com) - Komplotan pencuri spesialis nasabah bank ditangkap Satreskrim Polres Malang Kota. Mereka adalah, AA, 39, warga Sidoarjo, AI, 32, warga Sumatera Selatan, dan AG, 31, warga Sumatera Selatan. Setrta tiga orang berstatus DPO yakni IJ, ME, MA, dan HW.

"Berawal dari laporan Agus Sumarsono warga Sawojajar. Kehilangan uang Rp100 juta yang ditaruh di bawah jok motor. Setelah lapor kita kembangkan dan menangkap pelaku," kata Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Rabu, (11/7/2018).

Asfuri menyebut, korban awalnya mengambil uang dari salah satu kantor bank di Jalan Kawi, Kota Malang pada 5 Juli lalu. Kemudian korban pulang, motor diparkir di depan rumah di jalan Danau Matana, Sawojajar, Kota Malang.

"Seteleh itu dicek mau ambil uang dan ternyata sudah tidak ada uangnya. Pada 6 Juli tim dari hunter Makota menangkap tiga pelaku. Sebenarnya ada 7 pelaku, tapi yang berhasil ditangkap ada 3, lainnya DPO.  Mereka ditangkap di di Pasuruan," ujar Asfuri.

Komplotan ini merupakan jaringan nasional yang terdiri dari warga Jawa Timur dan Sumatera Selatan. Mereka mengaku sudah tiga kali melakukan aksi serupa di wilayah Kota Malang. Polres Malang Kota saat ini sedang berkordinasi dengan jajaran Polres lain untuk mengembangkan kemungkinan kasus serupa di wilayah lain.

"Di Malang mereka sudah tiga kali, dengan total hasi curian Rp400 juta. Ada kasus pecah ban, yang merugikan sekitar Rp 200 juta. Satu lagi korban yang berada di toko bangunan, dengan membawa uang sekitar Rp100 juta. Dan terbaru kemarin Rp100 juta," tutur Asfuri.

Asfuri mengatakan, pelaku saat melancarkan aksinya membuntuti korban yang baru saja mengambil uang dari bank. Setelah mencari calon korban, kemudian diidentifikasi dan melakukan aksinya secara berkelompok.

"Setelah tahu siapa yang mengambil uang banyak mereka identifikasi dan membuntutinya. Saat ditangkap mereka melawan sehingga terpaksa kita lumpuhkan," tandasnya. [luc/but]

Tag : perampokan

Komentar

?>