Senin, 16 Juli 2018

KPK Buka Loket Khusus bagi Calon Anggota DPD Laporkan Kekayaan

Selasa, 10 Juli 2018 10:40:24 WIB
Reporter : Hendra Brata
KPK Buka Loket Khusus bagi Calon Anggota DPD Laporkan Kekayaan

Jakarta (beritajatim.com) - KPK memfasilitasi dan membuka loket khusus bagi calon anggota DPD untuk melaporkan kekayaannya. Sesuai dengan Peraturan KPU No. 14 tahun 2018 Pasal 60 angka (1) huruf u.

Aturan tersebut menyatakan, Perseorangan peserta Pemilu dapat menjadi bakal calon perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD setelah memenuhi persyaratan telah melaporkan kekayaannya kepada instansi yang berwenang memeriksa laporan kekayaan penyelenggara negara.

"Terkait hal tersebut, Direktorat PP LHKPN memfasilitasi pelaporan dengan membuka loket Pendaftaran LHKPN (ruangan penerimaan Lt. dasar gedung merah putih/Costumer Service) untuk mengakomodir percepatan pelaksanaan pelaporan tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Selasa (10/7/2018).

Menurutnya, loket Pendaftaran dibuka sejak Rabu, 04 Juli 2018 dan berakhir pada Kamis, 19 juli 2018 dan buka pada hari kerja Senin (09.00 wib s/d 16.00 wib) s/d Jumat (09.00 wib s/d 16.30 wib).

Saat ini total 5 loket pendaftaran khusus disiapkan untuk melayani Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPD RI (dan akan bertambah seiring dengan jumlah tamu yang akan datang). "Estimasi jumlah pelapor sesuai bakal calon Anggota DPD RI, yaitu 1.360 pelapor," ujar Febri.

Dia memaparkan, loket tersebut akan membantu para bakal calon untuk mendaftarkan akun pada aplikasi efiling LHKPN, memberi bantuan terkait tata cara pengisian, dan juga proses pemberian tanda terima pelaporan LHKPN sebagai bakal calon. "Loket ini khusus untuk Bakal Calon Anggota DPD, karena untuk DPR dan DPRD baru akan diminta pelaporannya setelah ditetapkan sebagai pemenang Pemilu Legislatif (sesuai PKPU 20 Tahun 2018) dan bukan sebagai bakal calon," ujar Febri.
 
Hingga Senin (9/7), jumlah bakal calon yang memproses pelaporan: 305 bakal calon dan telah menerima tanda terima : 70 bakal calon. Proses verifikasi sebanyak 142 yang sudah lapor tapi masih ada kekurangan dokumen contoh: Surat Kuasa PN, Pasangan dan Anak atau Dokumen kepemilikan harta pada lembaga keuangan. Sisanya masih dalam bentuk draft (belum mengirimkan pelaporan).

Selain memfasilitasi pelaporan dengan pembukaan loket khusus, lanjut Febri, para bakal calon Anggota DPD yang akan mengikuti Pemilu Legislatif DPD RI jika membutuhkan informasi terkait pelaporan LHKPN dapat menghubungi no kontak 021 2557 8396 dan email infopemilu.LHKPN@kpk.go.id. (hb/kun)

Tag : kpk

Komentar

?>