Jum'at, 21 September 2018

KPK Langsung Tahan Ardi Prasetiawan di Rutan Guntur

Jum'at, 06 Juli 2018 20:32:49 WIB
Reporter : Hendra Brata
KPK Langsung Tahan Ardi Prasetiawan di Rutan Guntur

Jakarta (beritajatim.com) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menahan mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Moch Ardi Prasetiawan di rumah tahanan Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur.

Ardi bersama Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur M Samsul Arifien ditetapkan sebagai tersangka dalam pengembangan penyidikan perkara tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Janji hadiah terkait fungsi pengawasan dan pemantauan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur terhadap pelaksanaan perda dan penggunaan anggaran di Provinsi Jawa Timur TA 2016-2017.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, untuk kepentingan penyidikan, hari ini penyidik memanggil kedua tersangka. Setelah menjalani pemeriksaan dalam kapasitas sebagai tersangka, Ardi ditahan untuk 20 hari pertama terhitung mulai hari ini. ''MAP ditahan di Rumah Tahanan Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur,'' kata Saut, Jumat (6/7/2018).

Sedangkan, lanjut Saut, terhadap tersangka SAR, berhalangan hadir. ''Yang bersangkutan akan dijadwalkan ulang pemeriksaannya pada Selasa (10/7/2018),'' ujar Saut.

Dia memaparkan, kedua tersangka selaku Kepala Dinas di lingkungan Provinsi Jawa Timur yang merupakan mitra kerja Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur diduga telah memberikan hadiah atau janji terkait fungsi pengawasan dan pemantauan oleh DPRD Provinsi Jawa Timur terhadap pelaksanaan perda dan penggunaan anggaran di Provinsi Jawa Timur TA 2016-2017.

''Atas perbuatannya, MAP dan SAR disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001jo. pasal SS ayat(1)ke-1 KUH Pidana,'' kata Saut. [hen/but]

Komentar

?>