Rabu, 26 September 2018
Dibutuhkan Wartawan Bidang Hukum dan Kriminal untuk ditempatkan di Surabaya, kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Waspadai Modus Penipuan Transaksi Mobil Ini

Minggu, 24 Juni 2018 18:15:49 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Waspadai Modus Penipuan Transaksi Mobil Ini
foto: radar cirebon

Jember (beritajatim.com) - Denny (27), warga Pamulang Barat, Kabupaten Tangerang Selatan, Banten, terkena tipu sebesar Rp 58 juta dalam transaksi jual beli mobil di Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Semua berawal saat Denny hendak membeli mobil Agya putih produksi tahun 2013 yang dijual dengan harga sekitar Rp 80 juta di salah satu lapak dalam jaringan (online). Ia kemudian menelepon sang penjual. Tawar-menawar terjadi dan disepakatilah harga Rp 66 juta.

Denny bermaksud mentransfer uang muka kepada sang penjual. Namun ternyata sang penjual menolak dan ingin bertemu langsung. "Uang dibayar tunai," katanya, saat ditemui di Pos Pengamanan Lebaran di Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember.

Denny akhirnya berangkat ke Jember bersama Ade, sang kakak, dengan naik mobil. Di alun-alun Jember, mereka bertemu dengan kakak beradik yang mengaku penjual Agya. Denny sudah membawa Rp 58 juta dan akan mengambil sisanya di anjungan tunai mandiri.

Denny dan sang kakak kemudian diajak ke salah satu rumah di kawasan Sumbersari, di jalur Jember-Banyuwangi. Salah satu penipu meminta Denny menyerahkan uang Rp 58 juta untuk ditunjukkan kepada sang ayah yang tengah terbaring sakit di kamar.

Tidak curiga, Denny memberikan uang itu. Namun lama ditunggu, penipu tersebut tidak juga keluar kamar. Penipu lainnya yang mengaku kakak juga keluar rumah. Benar saja, ternyata mereka berdua kabur. "Mungkin lewat pintu belakang," kata Denny.

Salah satu warga sekitar rumah yang ditanyai Denny mengaku tidak tahu identitas dua orang penipu tersebut. Rumah itu ternyata dikontrak. "Pemiliknya merantau ke Malaysia," kata Denny. Merasa tertipu, akhirnya Denny melaporkan hal tersebut ke polisi. [wir]

Tag : penipuan

Komentar

?>