Rabu, 26 September 2018
Dibutuhkan Wartawan Bidang Hukum dan Kriminal untuk ditempatkan di Surabaya, kirim lamaran ke beritajatim@gmail.com

Polisi Gerebek Home Industri Pembuatan Miras Oplosan

Sabtu, 23 Juni 2018 15:36:19 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Polisi Gerebek Home Industri Pembuatan Miras Oplosan
foto/ilustrasi

Kediri (beritajatim.com) - Polres Kediri bersama Polsek Purwoasri menggerebek home industri pembuatan minuman keras (miras) oplosan di Desa Mranggen, Kecamatan Purowasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Sabtu (23/6/2018). Dari penggerebekan ini, polisi mengamankan pemilik bersama barang bukti miras beserta alat produksi.

Pelaku pembuatan miras oplosan ini adalah Hadi Suwito. Dia pemilik sekaligus pembuat miras oplosan. Miras hasil produksinya tidak sesuai standar dan tidak dilengkapi izin resmi.

Ada ratusan botol miras jenis wiski, kuntul dan belasan galon bahan pembuat miras yang ditemukan petugas di lokasi. Semua barang bukti dibawa ke Polsek Purwoasri.

Pelaku telah memproduksi miras sejak sebulan lalu. Omzet penjualannya mencapai Rp 9 juta dalam sekali produksi.

Pelaku menguasai cara memproduksi miras dari rekannya berinisal M, warga Kabupaten Gresik. Dalam pembuatannya, ia hanya menggunakan alat seadanya, seperti galon, teko, penyaring teh dan sendok makan untuk memasang tutup botol.

"Meski menggunakan alat seadanya, pelaku nampak profesional dalam memproduksi miras," kata AKP Hanif Fatikh Wicaksono, selaku Kasat Reskrim Polres Kediri.

Bahkan, polisi yang menggeledah lokasi pembuatan miras mendapati adanya pita cukai yang status keasliannya masih akan dikonfirmasikan kepada dirjen bea cukai.

Kini pelaku harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Polsek Purwoasri Kediri. Pelaku dijerat pasal 110 subsider pasal 36 Undang Undang RI nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan dengan anacaman hukuman 5 atahun penjara. [nng/suf]

Tag : miras

Komentar

?>