Kamis, 19 Juli 2018

Gergaji Teralis, Tahanan Narkoba Polresta Sidoarjo Kabur

Minggu, 17 Juni 2018 18:19:26 WIB
Reporter : M. Ismail
Gergaji Teralis, Tahanan Narkoba Polresta Sidoarjo Kabur

Sidoarjo (beritajatim.com) - Suasana kondusif di wilayah hukum Sidoarjo masa jelang sampai H+2 Hari Raya Idul Fitri 1439 H, membuat Polresta Sidoarjo berlega hati atau bersyukur.

Namun dibalik kelegaan pengamanan wilayah yang kondusif, aman dan terkendali, malah pengamanan di Mapolresta Sidoarjo, sepertinya kecolongan. Yakni dugaan satu tahanan kasus narkoba melarikan diri dari balik jeruji depan Masjid As Shiddiq Mapolresta Sidoarjo.

Tersangka yang berhasil menggergaji besi tahanan dan lari melalui atap itu adalah Julius Mario Tawalujan Bin Alexander Tawalujan (29) warga Desa Tawalaan Jaga VI Kecamatan Tawalaan Kabupaten Minahasa Utara. Dia tinggal di Desa Kalisampurno RT 06 RW 02 Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo.

Pria yang bekerja sebagai sales antena itu diduga melanggar Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) UU Rl No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Pelaku diduga lari atau kabur dari tahanan pada Hari Raya Idul Fitri. "Pelaku kabur Sabtu (16/6/2018) dini hari," kata sumber di kepolisian Minggu (17/6/2018).

Tersangka berurusan dengan Sat Narkoba Polresta Sidoarjo karena kedapatan memiliki atau menyimpan Narkotika Golongan l alias sabu-sabu. Julius ditahan untuk 20 hari dari 11 April 2018 sampai 30 April 2018.

Pelaku diketahui kabur dari tahanan bermula dari petugas yang membagikan jatah makan, kelebihan satu porsi. Dari situlah petugas mengetahui ada satu tahanan yang tidak berada di tempat.

"Pelaku diketahui kabur karena jatah makan untuk para tahanan sisa satu porsi. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata tersangka Julius kabur atau melarikan diri," tambah sumber tersebut.

Petugas kehilangan jejak karena ruang tahanan tersangka Julius dekat jalan raya, dan memudahkan pelaku untuk kabur dengan meloncat pagar Mapolresta Sidoarjo sisi barat.

Hingga berita ini ditulis, belum ada pernyataan atau statsmen resmi dari Kasat Narkoba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto maupun Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji. [isa/suf]

Tag : tahanan

Komentar

?>