Jum'at, 19 Oktober 2018

Korupsi ADD Kades Sembayat Jadi Tersangka

Rabu, 23 Mei 2018 19:40:00 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Korupsi ADD Kades Sembayat Jadi Tersangka

Gresik (beritajatim.com) - Kepala Desa (Kades) Sembayat, Kecamatan Manyar, Gresik, H.Sauji ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Sauji diduga melakukan korupsi alokasi dana desa (ADD) anggaran tahun 2016 senilai Rp 169 juta.

Kasi Pidsus Kejari Gresik Andrie Dwi Subianto, SH membenarkan dirinya telah menetapkan Kades Sembayat itu sebagai tersangka setelah melalui pemeriksaan beberapa saksi, dan barang bukti.

"Dia Sauji diduga melakukan korupsi dana proyek pembangunan tiga saluran air (drainase), dan pagar makam yang nilai totalnya mencapai Rp 400 juta lebih. Pasalnya, empat proyek tersebut tidak sesuai dengan ketentuan," ujarnya, Rabu (23/05/2018).

Andrie menjelaskan akibat korupsi itu, negara dirugikan sebesar Rp 169 juta. Sedangkan status penetapan tersangka sudah sejak Senin (21/5) lalu. Tersangka dikenakan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tipikor.

"Penetapan tersangka dilakukan karena kami sebelumnya memeriksa 20 saksi.
Mulai dari perangkat desa hingga orang yang mengerjakan proyek tersebut. Termasuk diantaranya Kepala Diskoperindag Gresik Agus Budiono yang saat itu menjabat sebagai Kepala Bapemas," paparnya.

Sebelumnya, proses penyidikan terhadap Kades Sembayat dilakukan Kejari Gresik dua bulan yang lalu. Tidak menutup kemungkinan dalam kasus korupsi ada tersangka lain. "Mengenai tersangka lain kami belum bisa menentukan. Sebab, Kejari Gresik masih mendalami dulu," tandas Andrie. [dny/kun]

Komentar

?>