Selasa, 16 Oktober 2018

Korupsi Bupati Bengkulu: Ketika Keluarga Masuk Pusaran Kasus Korupsi

Kamis, 17 Mei 2018 17:37:49 WIB
Reporter : Hendra Brata
Korupsi Bupati Bengkulu: Ketika Keluarga Masuk Pusaran Kasus Korupsi

Jakarta (beritajatim.com) - Dirwan Mahmud, Bupati Bengkulu Selatan periode 2016-2021 ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama istrinya, Hendrati.

Mereka ditangkap bersama Kepala Seksi Dinas Kesehatan Nursilawati yang juga keponakannya atas penerimaan sejumlah uang yang merupakan bagian komitmen fee sebesar 15 persen lima proyek penunjukan langsung pekerjaan infrastruktur.

Ketiga kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan penyidik KPK, Rabu (16/5).

Kasus korupsi yang melibatkan Suami, Istri, Anak, juga anggota keluarga lain.
Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dan istrinya Lily Martiani Maddari juga terjerat kasus dugaan suap peningkatan konstruksi jalan Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu.

Jauh sebelumnya, ada juga mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin yang terjerat kasus korupsi bersama istrinya Neneng Sri Wahyuni.

Bahkan keduanya sempat buron sebelum akhirnya ditangkap penyidik KPK. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho juga terjerat kasus bersama istri keduanya Evi Susanti.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam kasus suap kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Ada juga Wali Kota Cimahi Atty Suharti bersama suami Itoc Tochija menjadi tersangka dugaan suap terkait proyek pembangunan pasar.

Lainnya, ada Wali Kota Palembang Romi Herton dan istrinya Masyitoh; Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nurlatifah; Bupati Empat Lawang Budi Antoni Aljufri dan istrinya Suzanna; dan Bupati Musi Banyuasin Fahri Azhari dan istrinya Lucianty.

Adapun pun kasus yang menjerat bapak/ibu dan anak atau kakak dan adik juga kerap terjadi. Ratu Atut Chosiyah, saat masih menjabat sebagai Gubernur Banten dijerat kasus korupsi bersama sang adik Tubagus Chaeri Wardhana yang juga suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menjadi tersangka kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang oleh KPK. Rita merupakan anak Bupati Kutai Kartanegara periode 1999-2004 yang juga pernah jadi tersangka oleh KPK.

Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi ditangkap KPK dan menjadi tersangka dalam kasus suap terkait izin pembangunan pusat perbelanjaan. Iman merupakan anak Wali Kota Cilegon 2000-2005 dan 2005-2010 yang juga menjadi tersangka kasus korupsi pembangunan dermaga.

Kasus juga terjadi pada calon Gubernur Sulawesi Tenggara Asrun dan anaknya yang merupakan Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra. Adriatma ditangkap menerima suap terkait proyek di Kendari untuk membiayai pencalonan sang ayah.

Kasus yang menjerat mantan Ketua DPR RI Setya Novanto pun ikut menyeret sang keponakan. Setelah KPK menetapkan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, keponakan Novanto sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP.

Irvanto diduga sejak awal mengikuti proses pengadaan e-KTP melalui perusahaannya yakni, PT Murakabi Sejahtera. Dia juga ikut beberapa kali dalam pertemuan di Ruko Fatmawati bersama tim penyedia barang proyek e-KTP.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengaku menyesal kembali terulangnya keterlibatan keluarga dalam kasus korupsi.

Dia mengatakan, KPK telah melakukan berbagai upaya. Baik itu melalui program sejak dini dari tingkat PAUD untuk anak-anak hingga program Saya Perempuan Anti-Korupsi (SPAK) yang banyak digaungkan dalam kunjungan KPK. Kepala-kepala daerah bersama sama istri atau suami juga kerap diundang dalam upaya pencegahan Korupsi.

''Bukan berarti ada pencegahan di sana, kita nggak bisa melakukan tindakan represif. Dua-duanya sejalan. Ini strategi pencegahan penindakan terintegrasi," katanya.

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz mengatakan ada yang salah dalam rekruitmen politik di Indonesia.

Pejabat yang terpilih amanah menjalankan kewajibannya.
''Jabatan publik tidak lagi untuk menyejahterakan masyarakat, tapi malah untuk memperkaya diri sendiri dan elit,'' kata Donal. (hen/ted]

Tag : kpk

Komentar

?>