Rabu, 17 Oktober 2018

Cek Jalur Rawan Laka, Satlantas Polres Mojokerto Pasang Papan Himbauan

Rabu, 09 Mei 2018 18:55:38 WIB
Reporter : Misti P.
Cek Jalur Rawan Laka, Satlantas Polres Mojokerto Pasang Papan Himbauan

Mojokerto (beritajatim.com) - Satu minggu jelang bulan suci ramadhan, Satlantas Polres Mojokerto melakukan pengecekan jalur di wilayah Polres Mojokerto. Selain pengecekan jalur, anggota Satlantas juga memasang papan berisi himbauan dan peringatan.

Pengecekan jalur tersebut di lakukan di wilayah Trawas dan Pacet khususnya di jalur tanjakan. Kegiatan tersebut dilakukan bersama dengan Dishub LLAJ, Jasa Raharja, PMI dan sejumlah relawan dari beberapa organisasi lainnya.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, AKP Bobby Zulfikar mengatakan, pihaknya melakukan survey daerah rawan kecelakaan bekerja sama dengan sejumlah pihak lainnya. "Kita memetakan tempat mana saja yang sering terjadi laka lantas," ungkapnya, Rabu (9/5/2018).

Masih kata Kasat, di wilayah Pacet khususnya di Gotean, jika kasus kecelakaan terjadi di daerah turunan. Yakni rem blong. Setelah memetakan maka pihaknya memasang papan peringatan dan himbauan jika saat turun agar menggunakan gigi satu.

"Saat turun tetap menyalahkan kendaraannya atau mengistirahatkan kendaraan bukan manusianya, setelah itu 20 sampai 30 menit baru melanjutkan perjalanan. Ini untuk mengurangi, laka lantas di daerah turunan dan mengurangi tingkat fatalitas," katanya.

Pasalnya, lanjut Kasat, tingkat fatalitas yang terjadi rata-rata luka berat dan meninggal dunia. Pihaknya juga melakukan rapat koordinasi dengan berbagai unsur dengan stand by kendaraan seperti ambulance dan mobil deret serta relawan saat arus mudik.

"Jalan yang perlu diwaspadai yakni tempat wisata, Pacet dan Trawas. Tapi memiliki tingkat fatalitas tinggi di jalur Sendi. Jalur utama By Pass tetap mengedepankan patroli dan pembagian flayer himbauan dan memasang rambu-rambu peringatan," ujarnya.

Menurutnya, meski sudah dilakukan berbagai upaya tapi masih terjadi kecelakan maka pihaknya meminta agar pengguna jalan selalu berhati-hati dan kesadaran tertib lalu lintas. Kasat menjelaskan, angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Mojokerto selama tahun 2018 turun.

"Per 1 Mei kemarin dibanding dua tahun lalu, angka kecelakaan untuk jumlah tingkat fatalitas turun tapi kwantitas masih berimbang. Ini karena kerja sama dengan semua pihak, untuk mengurangi lagi maka akan kita lakukan upaya preventif dan penindakan" lanjutnya.

Termasuk melakukan pertebalan personil di sejumlah jalur yang ada,  tegas Kasat, juga akan dilakukan pihaknya. Semua dilakukan dengan tujuan agar mengurangi tingkat angka kecelakaan di sejumlah daerah lawan kecelakaan di wilayah hukum Polres Mojokerto.[tin/kun]

Komentar

?>