Senin, 24 September 2018

Ramawito Temukan Bayi di Jalan

Selasa, 01 Mei 2018 23:13:26 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Ramawito Temukan Bayi di Jalan

Banyuwangi (beritajatim.com) - Sore itu, M. Ramawito (30) mendengar suara bayi menangis di gang depan rumahnya. Kejadiannya sekitar pukul 04.15 WIB.

Betapa kaget tak terkira, saat pria asal Dusun Bulupayung, Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro itu mendekati sumber suara itu. Ternyata, Dia mendapati sesosok bayi berjenis kelamin perempuan berada di jalan dengan dialasi karung plastik warna putih. Semula dia menduga suara itu adalah suara hewan ternak yang melahirkan.

"Kemudian memberitahu istrinya, Siti Mubarokah, (24). Karena bingung, kedua pastri itu kemudian melaporkan penemuan bayi itu ke pihak kepolisian," ucapnya.

Tak lama kemudian, petugas Polsek Kalipuro langsung melakukan olah TKP.

"Kita langsung cek TKP. Ternyata memang benar ada penemuan bayi ini," jelas Kapolsek Kalipuro, AKP I Ketut Wijaya Kusuma, Selasa (1/4/2018).

Guna memastikan kondisi bayi, pihak kepolisian mendatangkan petugas bidan desa. Hasil pemeriksaan, bayi perempuan itu masih dalam keadaan hidup.

"Usia kandungannya setelah dilahirkan sudah genap berumur 9 bulan. Beratnya 2,9 kg dengan panjang 46 cm. Bayi itu diduga kuat baru saja dilahirkan sebelum dibuang. Karena tali pusarnya belum dipotong dan masih berlumuran darah," tambah Kapolsek.

Petugas Kepolisian kemudian membawa bayi malang itu ke RSUD Blambangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Petugas juga tengah melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pembuang bayi itu.

"Saksi kita mintai keterangan. Kami juga mendata warga di wilayah ini yang dalam kondisi hamil 9 bulan," ungkap Kapolsek.

Sebelumnya, kata Ketut, salah seorang warga bernama Mat Juri, (25), mengaku mendengar suara sepeda motor jenis matic berhenti di depan rumah Ramawito sekitar pukul 04.00 WIB. Mesin motor tersebut dimatikan sekitar 2 hingga 3 menit. Setelah itu motor itu dinyalakan lagi.

"Selanjutnya motor itu terdengar berjalan ke arah timur," jelasnya.

Dugaan sementara, bayi itu baru saja dilahirkan. Diyakini bayi tersebut sengaja dibuang orang tuanya. [rin/but]

Tag : bayi dibuang

Komentar

?>