Sabtu, 18 Agustus 2018

Sopir Ini Scan SIM Alasan untuk Dokumen Pribadi

Senin, 30 April 2018 10:57:35 WIB
Reporter : Misti P.
Sopir Ini Scan SIM Alasan untuk Dokumen Pribadi

Mojokerto (beritajatim.com) - Dengan alasan disimpan sebagai dokumen, salah satu sopir mobil boks terjaring razia anggota Satlantas Polres Mojokerto memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang di-scan ulang. Namun karena surat-surat lengkap, sopir tersebut diizinkan melanjutkan perjalanan.

Razia dalam rangka Operasi Patuh Semeru 2018 tersebut digelar di jembatan timbang Jalan Raya Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Senin (30/4/2018). Tak hanya kendaraan roda dua, petugas juga melakukan razia terhadap angkutan barang.

Kendaraan yang melintas di jalur tersebut diarahkan petugas masuk jembatan timbang. Satu per satu petugas mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan. Salah satu sopir boks diketahui memiliki SIM yang di scan, pemilik beralasan itu merupakan dokumen miliknya.

"Bapak, ini jangan ditunjukan. Karena nanti bisa kena pemalsuan. Bapak kan sudah punya yang asli, kalau difotocopy boleh tapi kalau seperti ini tidak boleh," ungkap KRI Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Mulyani didampingi KBO Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Nur Rosid.

Sempat bersitegang dengan petugas, karena sopir boks mengaku jika itu merupakan dokumen pribadinya dan minta agar tidak disita. Akhirnya sopir boks paham setelah diberikan pemahaman oleh petugas jika SIM tidak boleh di scan, sopir boks diizinkan melanjutkan perjalanan.

KRI Satlantas Polres Mojokerto, Iptu Mulyani mengatakan, petugas mengizinkan perjalanan karena sopir memiliki surat-surat lengkap. "Yang bersangkutan memiliki surat-surat lengkap, daripada ramai kita izinkan melanjutkan perjalanan tapi sudah kita himbau agar tidak digunakan yang scanan tersebut," jelasnya.[tin/kun]

Komentar

?>