Rabu, 17 Oktober 2018

Evakuasi Pelaku Curanmor, Ribuan Warga Hadang Polisi

Sabtu, 28 April 2018 00:07:57 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Evakuasi Pelaku Curanmor, Ribuan Warga Hadang Polisi

Jombang (beritajatim.com) - Ketegangan antara polisi dengan ratusan warga terjadi di Desa Sukosari, Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jumat (27/4/2018) malam. Ribuan warga mengamuk dengan menghadang petugas kepolisian yang mengevakuasi pelaku curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Bahkan ada warga yang nekat melempari petugas menggunakan batu. Warga hendak menghajar pelaku curanmor secara beramai-ramai. Walhasil, berkat kesigapan petugas, pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Polres Jombang. Dengan masih terbakar emosi, warga kemudian mundur. Ketegangan mereda.

"Saat dilakukan evakuasi terjadi saling dorong antara petugas dengan warga. Bahkan warga ada yang melempar batu, batu bata maupun kerikil kearah petugas. Selanjutnya terlapor dibawa ke Polres Jombang guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," ujar Kapolsek Jogoroto AKP Sumiyanto.

Dia menjelaskan, keributan itu berawal ketika tertangkapnya pelaku curanmor, Muhammad Agus Ahmadi (22), warga Dusun Puger, Desa Grenden, Kecamatan/Kabupaten Jember. Agus ditangkap warga ketika hendak membawa kabur sepeda motor milik korban, Dio Arif Fatoni (19), warga setempat.

Saat itu, korban sedang membeli rokok dan memarkir sepeda motor di depan toko. Pada saat bersamaan,  dua pelaku berboncengan melintas dari arah utara ke selatan. Sejurus kemudian pelaku kembali menuju sepeda motor korban langsung. Mereka langsung mengambil sepeda motor tersebut. Karena kunci motor masih tertempel di kendaraan.

Mengetahui sepeda motor diambil orang tak dikenal, korban berusaha menangkap dengan menarik bagian belakang sepeda motor. Kendaraan roda dua itu roboh, pelaku pun terjatuh. Kemudian terlapor berhasil ditangkap bersama warga. Nah, pada saat ditangkap itulah sebilah parang yang dibawa pelaku jatuh. Selanjutnya terlapor dibawa ke Balai Desa setempat.

"Saat itu pula warga datang beramai-ramai ke balai desa, jumlahnya mencapai ribuan, kebanyakan adalah pemuda. Mereka hendak mengeroyok pelaku. Namun berhasil kita gagalkan. Pelaku langsung kita evakuasi ke Polres Jombang," kata Sumiyanto menegaskan.

Selain menangkap pelaku, korps berseragam coklat juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, sebilah parang, satu unit sepeda motor Honda vario Nopol S-5489-ZY.

"Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 13,5 juta. Proses penyidikan terus kita lakukan karena diduga pelaku beraksi di beberapa tempat," pungkas Kapolsek. [suf]

Tag : curanmor

Komentar

?>