Sabtu, 18 Agustus 2018

Petugas Gerebek Lokasi Pembalakan Liar, Ini Hasilnya

Rabu, 25 April 2018 23:04:03 WIB
Reporter : Misti P.
Petugas Gerebek Lokasi Pembalakan Liar, Ini Hasilnya

Mojokerto (beritajatim.com) - Team Jagawana Tahura Taman Hutan Raya Raden Suryo Kabupaten Mojokerto menggerebek lokasi yang diduga sebagai tempat pembalakan liar di hutan Blok Jatimencel di Desa Gembat, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Pengerebekan dilakukan bersama anggota Polres Mojokerto.

Petugas menemukan puluhan pohon jenis Sono Keling yang sudah ditebang oleh para pembalak. Puluhan potongan pohon tersebut langsung diamankan sebagai barang bukti dibawa ke Polres Mojokerto untuk ditindaklanjuti.

Kepala Seksi Wilayah SKPPKH Mojokerto, Suyanto mengatakan, pembalakan liar diduga dilakukan oleh 10 orang lebih. "Pembalakan dilakukan setelah petugas Tahura melakukan patroli keliling secara rutin," ungkapnya, Rabu (25/4/2018).

Pembalakan hutan dengan luar 600 hektar diketahui petugas sudah lima hari yang lalu, saat petugas melakukan patroli rutin dan menemukan puluhan pohon jenis Sono Keling sudah dalam keadaan terpotong-potong. Sehingga SKPPKH Mojokerto melakukan koordinasi dengan Polres Mojokerto.

"Untuk mengevakuasi puluhan potongan kayu langkah, petugas harus masuk kedalam hutan dengan ketinggian 600 MDPL. Harga jualnya juga cukup mahal serta pohon ini dilindungi karena termasuk jenis pohon yang sudah langkah dan harus dilindungi," katanya.

Masih kata Suyanto, bahkan untuk memiliki kayu jenis ini atau mengexspor harus ada surat pengantar atau saites untuk memiliki. Akibat pembalakan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab pemerintah mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. [tin/suf]

Komentar

?>