Jum'at, 27 April 2018

Polisi Jember Sita Ribuan Botol Miras Oplosan

Senin, 16 April 2018 21:48:30 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Polisi Jember Sita Ribuan Botol Miras Oplosan
foto:dok

Jember (beritajatim.com) - Aparat Kepolisian Resor Jember Jawa Timur menyita 3.672 botol dan 21 jerigen minuman keras. Sebagian besar adalah minuman keras oplosan dari alkohol berkadar 70 persen dan minuman berenergi.

Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo mengatakan, ribuan botol itu berasal dari razia di 31 kecamatan selama sepekan. "Merujuk peristiwa di salah satu kecamatan pada 2016, ada remaja minum minuman keras oplosan akhirnya meninggal dunia. Nah, mengantisipasi hal tersebut, kami terus melakukan razia. Apalagi ini menjelang bulan puasa," katanya, Senin (16/4/2018).

Perang melawan miras oplosan juga dilakukan Kusworo di sekolah. Setiap Senin, polisi di semua kecamatan menjadi pemimpin upacara dan memberikan sosialisasi tentang bahaya miras oplosan kepada para siswa. "Kami juga mengimbau kepada para orang tua agar mengawasi anak-anaknya. Selesai kegiatan salat Jumat, kami memberikan imbauan juga," katanya.

"Kalau alkohol 70 persen dicampur dengan minuman berenergi akan menghasilkan metanol dan itu berbahaya bagi tubuh. Kami menempelkan stiker-stiker imbauan di apotek-apotek dan toko-toko agar jika ada yang membeli alkohol 70 persen ditanyakan peruntukannya," kata Kusworo. [wir/ted]

Tag : miras

Komentar

?>