Rabu, 18 Juli 2018

Petugas Imigrasi Buru Turis Bule yang Kibuli Mahasiswa Unej

Kamis, 12 April 2018 19:07:39 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Petugas Imigrasi Buru Turis Bule yang Kibuli Mahasiswa Unej

Jember (beritajatim.com) - Petugas imigrasi masih memburu pasangan turis bule Eropa yang mengibuli mahasiswa Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kepala Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Jember, Maringan Firman Napitupulu, sudah berkoordinasi dengan otoritas imigrasi di daerah lain soal peristiwa yang menimpa Frenza Fairuz Firmansyah, mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember angkatan 2014.

"Sampai siang tadi, kami berkoordinasi dengan teman-teman Polres Jember, mereka belum ada kabar juga. Berita ini sudah jadi perhatian publik, sudah masuk di media sosial. Akhirnya kami ini jadi viral," kata Napitupulu, Kamis (12/4/2018).

Napitupulu mengatakan, pengawasan terhadap orang asing sebenarnya sudah dilakukan intensif melalui Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) yang terbentuk hingga tingkat kecamatan. Ia berharap warga berpartisipasi dalam pengawasan tersebut.

Frenza kena kibul keluarga wisatawan yang mengaku berasal dari Eropa. Bule pria bernama Robert yang mengaku berasal dari Jerman, si perempuan asal Hungaria bernama Eniko Annamaria, dan dua orang anak perempuan yang masih kecil bernama Arvhen dan Cheng Geh. Annamaria mengaku tidak punya uang karena kartu kredit mereka terblokir.

Frenza akhirnya meminjamkan uang Rp 150 ribu, menraktir makan, dan mengantarkan mereka pelesir. Bahkan kamera miliknya dipinjamkan. Namun ternyata para bule itu kabur dengan membawa kamera pinjaman tersebut pada Selasa (10/4/2018) pagi dari wisma penginapan di Jalan S. Parman. Frenza pun melaporkan hal ini ke polisi dan petugas imigrasi setempat. [wir/but]

Tag : penipuan WNA

Komentar

?>