Senin, 16 Juli 2018

Ingin Layani Tamu Bangsa, Malah Ketipu

Rabu, 11 April 2018 18:01:51 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Ingin Layani Tamu Bangsa, Malah Ketipu

Jember (beritajatim.com) - Frenza Fairuz Firmansyah, mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, hanya punya niat tulus untuk membantu sebuah keluarga bule yang mengalami kesulitan saat berlibur di Indonesia. Tidak disangka, air susu dibalas air tuba: ia justru kehilangan kamera.

Frenza berkenalan dengan keluarga wisatawan berkulit putih, di sebuah kafe, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (8/4/2018). Bule pria bernama Robert, si perempuan asal Hungaria bernama Eniko Annamaria, dan dua orang anak perempuan yang masih kecil bernama Arvhen dan Cheng geh. Mereka mengaku hanya bisa berbahasa Inggris.

Annamaria mengaku tidak punya uang karena kartu kreditnya terblokir dan anak-anaknya belum makan. Frenza tak hanya meminjami mereka uang Rp 150 ribu, tapi juga menraktir makan, mengantarkan mereka pelesir, dan meminjamkan kamera. Ternyata, para bule itu kabur dengan membawa kamera pinjaman tersebut pada Selasa (10/4/2018) pagi dari wisma penginapan di Jalan S. Parman.

"Motivasi membantu mereka karena kasihan melihat dua anak mereka. Saya memosisikan diri sebagai mereka, bagaimana jika kartu kredit terblokir di negara orang. Kedua, saya pernah juga ke Thailand, Malaysia, dan Singapura. Saya benar-benar dijamu oleh warga sana. Waktu itu, saya memosisikan diri: mungkin ini saatnya saya membalas budi. Mumpung di Jember. Saya ingin melakukan yang terbaik untuk tamu bangsa," kata Frenza.

Beruntung Frenza sudah memotret paspor Annamaria. Dia juga memiliki foto-foto keluarga bule itu. "Saya langsung lapor ke polisi dan imigrasi," katanya. [wir/kun]

Tag : penipuan WNA

Komentar

?>