Selasa, 18 September 2018

Sempat Tertunda karena Anggaran, BNNK Tuban Akhirnya Resmi Dilantik

Senin, 12 Maret 2018 17:59:59 WIB
Reporter : M Muthohar
Sempat Tertunda karena Anggaran, BNNK Tuban Akhirnya Resmi Dilantik

Tuban (beritajatim.com) - Meski keberadaan pengurus dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban sudah terbentuk beberapa bulan lalu, namun pelantikan bagi ketua dan anggota BNNK Tuban itu baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

Tertundanya diresmikannya BNNK Tuban itu disinyalir terkait dengan masalah anggaran biaya operasional kegiatan BNNK Tuban yang belum dianggarkan pada tahun 2017 lalu. Pada tahun ini, keberadaan BNNK Tuban itu untuk biaya operasionalnya mendapatkan dana hibah dari Pemkab Tuban.

"Berdasarkan skepnya sekitar bulan November 2017 dan baru terealisasi sekarang. Karena sebelumnya belum memiliki anggaran untuk operasional," terang Brigjen Bambang Budi Santoso, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur setelah melakukan pelantikan BNNK Tuban itu, Senin (12/3/2018).

Adapun untuk Kepala BNNK Tuban yang baru dilantik hari ini adalah AKBP Made Arjana, yang sudah lama bergabung di BNN. Perwira asal Bali tersebut sebelumnya menjadi penyidik di BNN pusat dan pernah menjadi kepala BNN Kabupaten Malang.

"Dengan sumpah pelantikan BNNK Tuban ini sebagai gerakan bersama dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tuban yang telah mendukung," tambahnya.

Kepala BBN Provinsi itu belum bisa menentukan target apa yang akan dicapai dalam waktu dekat. Pasalnya, keberadaan BNNK Tuban yang baru dilantik tersebut harus terlebih dahulu melakukan pemetaan terhadap langkah-langka untuk pemberantasan narkoba dan obat-obatan terlarang di Tuban.

"Kita akan melakukan pemetaan terlebih dahulu. Dengan momen ini saya mengajak bersama-sama untuk bergerak cepat untuk bersinergi dengan berbagai pihak," ungkapnya.

Sementara itu, dengan terbentuknya BNNK Tuban di sambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Keberadaan BNNK diharapkan bisa berfungsi dengan baik untuk bisa melawan dan bersama-sama memberantas Narkoba di Tuban, terutama peredaran pil daftar G jenis Karnopen yang sudah menyebar luas.

"Semoga ini bisa benar-benar berjalan dengan baik. Keberadaan BNNK Tuban ini sebagai semangat baru dalam P4GN di Kabupaten Tuban bersama seluruh masyarakat Tuban," kata Fathul Huda, Bupati Tuban, saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu.[mut/ted]

Komentar

?>