Selasa, 11 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Pria Ini Ngaku Bisa Tarik Harta Karun Alam Gaib

Sabtu, 10 Maret 2018 15:28:39 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Pria Ini Ngaku Bisa Tarik Harta Karun Alam Gaib

Malang (beritajatim.com) - Berdalih bisa memperoleh dan menarik harta karun dari alam gaib, seorang penipu di Kabupaten Malang, dibekuk Unit Reskrim Polsek Ngajum.

Pelaku atas nama Isman (59), warga Jalan Hasanudin, Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Dia ditangkap Polisi pada Kamis (8/3/2018) lalu atas laporan dari korban.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku dilaporkan telah menipu korban bernama Mistin (61), warga Dusun Segelan, Desa Balesari, Ngajum.

Mistin mengaku sudah tertipu hingga menderita kerugian sebesar Rp 29,1 juta. Hal itu setelah Mistin dijanjikan bisa memperoleh harta karun berupa perhiasan dan emas batangan oleh tersangka.

"Jumlah uang yang diberikan kepada tersangka sekitar Rp 29,1 juta. Tentu tidak diberikan langsung, tapi ditransfer secara bertahap dan diserahkan tunai pada tersangka sejak tahun 2016, " ungkap Kapolsek Ngajum, AKP Imam Mustaji, Sabtu (10/3/2018).

Kata dia, sebelumnya tersangka dengan korban memang sudah saling kenal. Pada pertengahan 2016 lalu, tersangka mendatangi rumah korban. Ia mengatakan habis bermimpi dan mendapat petunjuk dari pangeran jika korban, akan mendapat harta karun dalam jumlah banyak.

Harta karun tersebut, kata tersangka, sudah dikubur lebih dulu oleh pelaku di perkarangan belakang rumah korban. Untuk bisa mengambil harta itu, tersangka menawarkan diri membantu menariknya secara gaib. Tentunya, harus ada syarat yang dipenuhi oleh korban. Yaitu, korban harus menyerahkan sejumlah uang.

“Uang itu kata tersangka sebagai mahar untuk membeli persyaratan seperti minyak misik, kain kafan, dupa dan lainnya. Kabarnya Mistin memang tidak percaya, tapi setelah dirayu, akhirnya korban terbuai dengan janji manis pelaku,” papar Imam.

Dari penangkapan itu, Polisi menyita perhiasan palsu dam emas batangan yang terbuat dari bahan kuningan cukup banyak. Kuningan itu sudah disiapkan tersangka dan dibeli dari pasar barang bekas. [yog/but]

Tag : penipuan

Komentar

?>