Sabtu, 23 Juni 2018

Masuk Kawasan Ini, Becak Motor Akan Dihancurkan

Jum'at, 09 Maret 2018 07:53:02 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Masuk Kawasan Ini, Becak Motor Akan Dihancurkan

Jombang (beritajatim.com) - Satlantas Polres Jombang membatasi ruang gerak becak motor (betor) dalam beroperasi. Mereka dilarang memasuki kawasan tertib lalu lintas atau KTL, yang meliputi Jl KH Wahid Hasyim, Jl A. Yani dan Jl KH Abdurahman Wahid.

Kasatlantas Polres Jombang  AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, jika ada betor masih nekat memasuki KTL maka polisi akan bertindak tegas. Saknsi tegas tersebut berupa tindakan pengandangan betor ke kantor Satlantas. Setelah diamankan, kendaraan roda tiga tersebut akan dihancurkan. Sementara si pemilik tidak diperkenankan untuk mengambil becak mesin tersebut.

Inggal menjelaskan, alasan pokok pelarangan tersebut karena becak motor bukan alat angkut yang memiliki standart keselamatan. "Semisal ketika terjadi kecelakaan, baik penumpang maupun pengemudi tidak bisa diajukan asuransi atau klaim jasa raharja. Sebenarnya pelarangan tersebut sudah diberlakukan sejak 2016, namun saat ini masih banyak ditemukan pelanggaran," kata Inggal, Kamis (8/3/2018).

Kapan aturan tersebut resmi dijalankan? Menurut Inggal, tindakan tegas itu mulai diberlakukan 12 Maret 2018. Oleh sebab itu, Satlantas melakukan sosialisasi dalam minggu ini kepada para pengemudi becak motor. [suf]

Tag : lalu lintas

Komentar

?>