Jum'at, 14 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Kadisops Lanud Surabaya Pimpinan Latihan Hanlan di Mojokerto

Selasa, 20 Februari 2018 11:44:25 WIB
Reporter : Misti P.
Kadisops Lanud Surabaya Pimpinan Latihan Hanlan di Mojokerto

Mojokerto (beritajatim.com) - Sebanyak 130 personil Pangkalan Udara Militer (Lanud) TNI-AU Surabaya mengikuti Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) hari kedua TW. I th 2018 Pangkalan TNI AU Surabaya. Latihan digelar di di lapangan bola Tanah Aset Lanud Surabaya Desa Karangdieng, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Latihan yang digelar sekira pukul 02.30 WIB tersebut, dibagi dalam tiga regu dengan skenario setelah menerima informasi dari Sat Intai adanya pok musuh di daerah sekitar klKarangdieng dan melaporkan ke Kolat. Pasukan menerima perintah dari Kolat untuk melaksanakan serangan fajar terhadap sasaran.

Pasukan Regu 1, 2 dan 3 melaksanakan hembus senyap bergerak dengan berjalan kaki ke arah sasaran untuk melaksanakan serangan fajar. Kemudian pasukan tiba di sasaran dan steling di posisi selanjutnya melaksanakan penyergapan kes ekitar pangkalan Karangdiyeng yang telah dikuasai oleh musuh.

Sekira pukul 04.00 WIB terjadi kontak tembak antara pasukan hanlan dengan pok musuh. Namun 15 menit kemudian, kontak tembak selesai. Pok musuh berhasil dihancurkan dan dilumpuhkan sedangkan sisa-sisa pok musuh melarikan diri yang kemudian dilanjutkan penyisiran terhadap sasaran sekitar pangkalan Karangdieng.

Dari penyisiran ditemukan lima orang pok musuh tewas dan lima pucuk senjata laras panjang jenis G 3 dan berbagai dokumen rahasia pok musuh. Latihan ditutup dengan apel kekuatan, pengecekan persenjtaan, evaluasi serta penutupan latihan hanlan 2018 di Karangdieng.

Kadisops Lanud Surabaya, Mayor Pom Muhammad Rudi mengatakan, Latihan Hanlan yang diselenggarakan oleh Lanud TNI-AU Surabaya merupakan kegiatan rutin satuan. "Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan para prajurit TNI-AU dalam menghadapi setiap tantangan atau gangguan di negara ini," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Kadisops Lanud Surabaya, latihan tersebut juga sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab para prajurit guna mengetahui tingkat kemampuan para personel Lanud TNI-AU Surabaya. Harapannya, tegas Kadisops Lanud Surabaya, kemampuan para prajurit semakin meningkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kasi Kamhanlan Lanud Surabaya Mayor Kes Wahyudi Purnomo, Dansatpom Lanud Surabaya Mayor Pom M Nasution, Pjs Kaintel Kapten Sus Ismen S Dinata, Kasiopslat Lanud Surabaya Kapten Tek Edi S dan para Pa Staf Lanud Surabaya. [tin/but]

Tag : tni

Komentar

?>